Menu Sehat

12 Minuman dan Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol | Kabarsehat.com Makanan penurun kolesterol banyak dijumpai dalam makanan yang kita santap sehari-hari. Kita harus cermat mengetahui jenis-jenis makanan tersebut agar dapat menyiapkannya sebagai santapan sehari-hari.

Keanekaragaman tanaman di Indonesia sangat tinggi karena tanahnya  subur dan sebagian besar tanaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai obat alami.

Di dalam tanaman sekitar rumah atau bumbu masak yang ada di dapur ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol. Hidup sehat secara alami di Indonesia seharusnya tidak mahal karena segala sesuatunya ada di sekitar kita, hanya kita kurang menyadari. Termasuk kurang menyadari manfaat tanaman liar yang tumbuh disekitar rumah kita.

Inilah 12 Makanan Penurun Kolesterol

Inilah 12 jenis minuman dan makanan yang dapat menurunkan kadar “kolesterol jahat” dalam tubuh kita dan meningkatkan “kolesterol baik“.

1. Tomat.

Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda dapat membuat tomat menjadi jus tomat yang enak dan minum dua gelas jus tomat sehari. Sebagai makanan penurun kolesterol tentunya Anda dapat menyiapkan tomat dalam santapan sehari-hari.

2. Delima

Manfaat buah delima sendiri yaitu untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

3. Alpukat

Buah alpukat ini merupakan salah satu buah-buahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik dalam tubuh anda. Karena ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol baik atau HDL.

4. Anggur

Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Minum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.

5. Blueberry

Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.

6. Kedele

Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond adalah makanan penurun kolestoral yang sangat baik karena  banyak mengandung lemak Omega-3 serta antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 27 persen. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh.

8. Bawang Putih

Meskipun tergolong rempah-rempah atau bumbu dapur, namun bawang putih ternyata juga sangat baik sebagai bahan makanan penurun kolesterol dalam tubuh kita. Usahakan mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat dari tubuh Anda. Para peneliti di Universidad Autonoma de Madrid (Spanyol) menemukan bahwa diet yang diperkaya minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

10. Ikan dan minyak ikan

Sebuah studi dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi dosis tinggi minyak ikan selama sembilan minggu menurunkan konsentrasi kolesterol dalam tubuh mereka.

11. Yogurt dengan probiotik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.

12. Teh hijau atau Teh Hitam

Penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Selain menurunkan kadar kolesteroal tinggi dalam darah, teh hitam juga memiliki khasiat mencegah sel kanker. Teh itu sendiri mengandung antioksidan yang dapat memberikan rasa tenang, dan mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah.

Minuman dan makanan penurun kadar kolesterol diatas sangat mudah ditemukan. Jika Anda memeliki kelebihan kolesterol dapat memilih salah satu dari daftar di atas.

Herba atau Makanan Penurun Kolesterol Lainnya

Selain 12 minuman menurunkan kolesterol yang sudah dibahas diatas, terdapat beberapa bahan herbal lainnya yang sangat mudah di dapat di Indonesia. Bahan-bahan dibawah ini juga memiliki manfaat yang sama yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh Anda terjaga sehingga meningkatlan kesehatan dan kualitas hidup.

Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak, penambah rasa pada pembuatan kue dan minuman. Kayu manis memiliki fungsi mengurangi kadar gula dalam darah, trigliserida, kolesterol jahat yang berlebih pada penderita diabetes. Cara menggunakannya adalah dengan merebus eikat kecil kayu manis kedalam sepanci air hingga 20 menit. Setelah mendidih lalu tuangkan kedalam gelas dan diminum setiap hari. Konsumsi satu sendok teh kayu manis dapat menurunkan kadar koleterol dan gula darah pada penderita diabetes. Agar dapat dinikmati dengan rasa yang lebih nyaman dapat dipadukan dengan teh hitam atau teh hijau yang juga akan meningkatkan khasiatnya bagi kesehatan.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Serat brokoli akan mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih. Bisa dimakan mentah sebagai salad, sup, atau tumis jamur. Bisa dikukus untuk dimakan matang, atau bisa dibuat juice.

Jahe

jahe kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman jahe bermanfaat untuk menghangatkan, menyamankan tubuh, dan memelihara kesehatan jantung. Jahe juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah, penurun kolesterol dan mengurangi risiko terkena stroke. Rimpang jahe ini pada dasarnya dapat dijadikan menjadi minuman sehari-hari seperti halnya teh.

Biji ketumbar

Biji ketumbar bermanfaat penurun kolesterol dalam tubuh. Caranya adalah dengan memasak 2 (dua) sendok makan biji ketumbar yang dicampur dengan air, kemudian airnya diminum. Cukup diminum 2 kali sehari pagi dan malam untuk menjaga kesehatan.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker