You are currently viewing Alip Ba Ta Pembuka Gerbang Musik Indonesia Untuk Publik Mancanegara

Alip Ba Ta Pembuka Gerbang Musik Indonesia Untuk Publik Mancanegara

Penyanyi atau Pemusik Indonesia yang ingin berkarier secara global biasanya memilih pundah ke AS. Alip Ba Ta yang memecahkan tesis tersebut. Tidak kemana-mana, hanya dari kamar kost, karyanya diminati publik mancanegara.

Go global, go internasional tidak harus berkarier di luar negeri.

Alip Ba Ta memiliki nama asli Alif Gustakhiyat. Dia berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Dia mengawali kariernya di Youtube dengan mengaransemen musik dengan gitar akustik miliknya pada 2018. Alip aktif membuat konten aksi bergitarnya dan membuahkan hasil dengan 5,53 juta subscriber hingga kini(agustus 2022).

Situasi pandemi covid19 yang mengharuskan banyak warga diseluruh dunia belajar dan bekerja dari rumah dan tidak adanya pertunjukkan musik secara live membuat masyarakat banyak menijmati musik secara online.

Alip Ba Ta mulai menjadi populer dan viral sejak awal tahun 2020.

Viral karena cover musik fingerstylenya di repost oleh pemusik aslinya yang telah melegenda.

Mengapa cover musik yang dimainkan Alip Ba Ta dengan gitar akustik diminati publik mancanegara? Diluar soal skill bermain gitarnya yang sudah level master, kemampuan Alip Ba Ta adalah membuat lagu yang dicovernya seolah-olah adalah lagunya sendiri.

Ketika ditantang oleh gitaris Dewa Budjana untuk mampu menciptakan dan memainkan lagu sendiri, dijawab Alip Ba Ta dengan karya-karyanya sebagai berikut: Samsara, Ibu, Malaikat Kecilku, Sepur Tua, Infected, CT43, Pagebluk, Ngopi Pagi, Kenang, dan Pandemi.

Salah satu karyanya ‘Pagebluk’ bahkan sempat dimainkan disebuah konser musik cukup bergengsi di Italy dengan kolaborasi dengan musisi ternama di sana.

Saat ini reaksi terhadap video-video Alip Ba Ta diseluruh dunia bisa puluhan hingga ratusan dalam sehari. Sehingga vide Alip Ba Ta menjadi berkah bagi banyak orang diseluruh dunia, terutama youtuber yang mereaksi video Alip Ba Ta.

Aliper Nama Fans Club Alip Ba Ta

Aliper dipuji oleh seorang musisi senior Italy – Gianni sebagai penggemar musik yang memiliki cita rasa musik yang bagus.

Pujian Dari Musisi Papan Atas Dunia

Brian May, gitaris band legendaris Queen, pernah mengunggah video Alip Ba Ta yang meng-cover lagu Bohemian Rhapsody di akun Facebook miliknya. Selain itu, video Alief memainkan lagu Love of My Life juga pernah diunggah pada akun resmi Facebook Queen.

Musisi dunia lain yang juga terkesan dengan permainan Alip adalah Synyster Gates. Gitaris grup band Avenged Sevenfold ini mengunggah aksi Alip tersebut di Instagram Stories miliknya, lengkap dengan kata-kata pujian.

Selain itu, Alip juga pernah mendapatkan pujian dari gitaris luar negeri lainnya seperti, Alexandr Misko, Fun Two, dan Igor Presnyakov.

Musik Sebagai Hobi Bukan Profesi

Meski sudah sukses di dunia Youtube melalui petikan gitarnya, Alip masih bekerja sebagai operator alat angkut barang di perusahaan daerah Cakung, Jakarta Timur. Alip pun tetap hidup sederhana.

Sebelumnya Ali juga pernah menolak tawaran musisi Erdian Aji Prihantoro atau yang dikenal dengan Anji untuk berkolaborasi. Padahal Anji sudah menyiapkan konsep dan jadwal untuk Alip. Musisi Dewa Budjana pun mengakui pria asal Ponorogo itu memang aktif di dunia Youtube bukan mengharapkan uang, melainkan untuk menyalurkan bakatnya.

Alip Ba Ta Berkah Bagi Para Penyanyi

Beberapa penyanyi yang menggunakan musik yang dimainkan Alip Ba Ta ternyata mendapat respon yang sangat baik dari Aliper di seluruh dunia, seperti Sindy Purbawati yang menyanyikan Kepangku Kapang, Dimas Senopati dengan lagu Another Day – Dream Theater. Baik Sindy maupun Dimas pada dasarnya memiliki vokal yang sangat bagus sehingga cover lagunya dengan musik yang dimainkan Alip Ba Ta menjadi populer di mancanegara.

Pembuka Gerbang Musik Indonesia

Sejak Alip Ba Ta menjadi populer di mancanegara, ternyata para netizen dari mancanegara mulai mencari musisi lain Indonesia yang dapat direaksi video musiknya. Bahkan saking banyaknya talen-talen muda berbakat di tanah air karena tidak habis-habisnya ada reaktor video yang mengatakan bahwa Indonesia adalah The Land of Talent.

 

Leave a Reply