Cara Pengolahan Bajakah Obat Kanker

Bajakah obat kanker di populerkan oleh 3 murid sebuah SMA di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ketiga remaja ini berhasil membuat tanaman Bajakah menjadi populer di dunia internasional setelah mereka mendapat medali emas pada lomba penelitian di Seoul, Korea Selatan.

Bajakah adalah tanaman merambat yang tumbuh secara liar di hutan Kalimantan. Tanaman ini telah dikonsumsi sebagai obat secara turun temurun oleh penduduk setempat.

Eko Suhartanto, seorang penelii dari Universitas Lambung Mangkurat yang telah melakukan penelitian terhadapĀ  tanaman Bajakah menemukan kandungan antioksidan yang ribuan kali lebih banyak dari tanaman lain pada umumnya. Selain itu terdapat kurang lebih 40 zat lainnya yang menunjang kesehatan pada manusia.

Penelitiannya pada mencit atau tikus putih yang terpapar kanker. Setelah 2 bulan diberi asupan tanaman bajakah, kankernya menghilang.

Menurut Eko, walau Lab Penelitiannya memiliki fasilitas sederhana tapi sudah sudah masuk dalam kategori Lab kelas dunia. Laboratorium FK ULM ini telah diakui karena telah menerima sample penelitian dari seluruh Indonesia

Cara Pengolahan Bajakah

Inilah yang dilakukan masyarakat setempat dari suku Dayak yang sudah terbiasa biasa menggunakan Bajakah sebagai obat kanker maupun penyakit lainnya.

1. Tanaman dikeringkan secara alami dengan mengandalkan sinar matahari.

2. Setelah kering, cacah batang tanaman itu lalu tumbuk hingga menjadi bubuk halus.

3. Bubuk itu kemudian harus direbus menggunakan air biasa selama kurang lebih 30 menit.

4. Air rebusan yang memiliki warna dan rasa seperti teh yang hambar itu kemudian diminum 3 kali sehari atau gunakan sebagai pengganti air minum harian.

Merasakan Khasiat Bajakah

Berdasarkan pengalahan dari penduduk setempat, mengonsumsi air ini secara rutin selama 2 bulan berturut-turut dapat menghilangkan tumor di tubuh seseorang.

Penduduk setempat yang biasanya menjumpai tanaman ini di dalam hutan biasanya mengkonsumsi batang bajakah secara langsung dan langsung merasakan khasiatnya menghilangkan rasa lelah.

Melestarikan Tanaman Bajakah

Bajakah adalah tanaman yang tumbuh liar dihutan Kalimantan. Setelah tanaman ini menjadi viral tentu menjadi kewajiban semua pihak untuk menjaga kelestarian tanaman ini. Perlu upaya membudidayakan tanaman ini agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkannya.