Belajar Meditasi Bagi Pemula

Belajar meditasi bagi pemula | Kabarsehat.comBelajar meditasi bagi  pemula adalah dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: pemahaman tentang meditasi,  jenis meditasi, tujuan meditasi dan persiapan untuk menjalankan meditasi. Dengan menjalankan tahapan tersebut para pemula dapat dengan lancar menjalankan praktek meditasi.

Pemahaman Tentang Meditasi

Meditasi adalah praktik latihan pikiran yang telah berusia ribuan tahun. Dalam kondisi meditatif pikiran kita fokus namun sangat rileks. Dengan meditasi kita belajar melepas keterikatan pada pikiran dan perasaan dan menempatkan kesadaran kita pada saat sekarang. Dengan demikian kita dapat melepakan kecemasan dan kekhawatiran akan masa lalu dan masa depan.

Jenis Meditasi

Secara umum terdapat dua jenis meditasi: meditasi konsentrasi (dengan obyek) dan meditasi pandangan terang (tanpa obyek). Selengkapnya dalam tulisan Pemahaman Tentang Jenis dan Peran Meditasi

Tujuan Belajar meditasi

Yang benar bukanlah tujuan belajar meditasi tapi tujuan menjalankan meditasi karena jika ingin mendapat manfaatnya meditasi bukanlah untuk dipelajari tapi dijalankan atau dilaksanakan.

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda untuk bermeditasi. Ada yang menggunakan meditasi untuk kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran tetapi ada juga yang menjalankan meditasi untuk mencapai suatu fase tingkatakan spiritual tertentu, bahkan ada yang menjalankan meditasi untuk mencapai kesaktian tertentu.

Setelah Anda menentukan tujuan belajar meditasi maka menentukan cara menjalankan meditasi seperti apa yang perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan tsb.

Persiapan  Belajar Meditasi

Persiapkan diri sebelum memulai meditasi dengan menjalankan relaksi. Juga perlu diperlu diperhatikan untuk menentukan sikap tubuh yang cocok bagi anda selama meditasi. Apakah duduk diatas kursi atau diatas matras atau bantal meditasi. Silahkan baca penjelasan tentang sikap tubuh dalam meditasi.

Bagi seorang pemula, menentukan tempat yang nyaman untuk belajar atau menjalankan meditasi sangat penting. Tempat bermeditasi dapat didalam ruangan ataupun diluar ruangan, yang penting Anda merasakan nyaman.

Persiapkan waktu. Anda harus mencari waktu yang tepat agar selama menjalankan meditasi tidak terganggu dengan hal-hal lain karena tugas atau kesibukan Anda. Carilahnya waktu yang lowong yang dapat anda jalankan belajar meditasi secara konsisten.

Dalam praktek  belajar meditasi yang kita akan jalankan kita memulai dengan menjalankan jenis meditasi dengan obyek. Meditasi jenis ini sangat baik dijalankan bagi pemula untuk meningkatkan konsentrasi dan kesehatan.

Melaksanakan Belajar Meditasi Dengan Obyek Nafas.

1. Waktu : Anda sudah menentukan waktu untuk bermeditasi.

2. Pakaian : Gunakan pakaian yang nyaman agar tidak mengganggu selama menjalankan meditasi.

3. Tempat : Anda sudah berada ditempat yang nyaman menurut Anda untuk menjalankan meditasi

4. Sikap tubuh: Anda sudah menentukan sikap tubuh yang sesuai untuk anda

5. Mata tertutup: Tutup mata Anda perlahan-lahan untuk memudahkan fokus.

6. Nafas Alami: Rasakan nafas keluar masuk dari hidung secara alami. Jangan memaksakan pikiran Anda untuk menentukan berapa panjang nafas masuk dan keluar tapi biarkanlah nafas berjalan secara alami.

7. Mind Monkey/Pikiran Liar: Jika muncul bermacam-macam pikiran fokuskan kembali kepada nafas keluar masuk dari hidung. Bagi anda yang baru memulai menjalankan meditasi munculnya pikiran liar yang tidak terkendali adalah biasa. jangan berusaha mengendalikan pikiran yang muncul dan tenggelam tapi fokus saja kembali kepada nafas keluar masuk.

8. Lamanya Meditasi: Bagi yang baru memulai meditasi aturlah mulai dari 15 menit, 20 menit dan kemudian 30 menit.

9. Konsisten : Idealnya Anda telah menyusun jadwal belajar meditasi dan menjalankan meditasi sesuai jadwal tersebut. Dengan konsisten bermeditasi barulah Anda mendapatkan manfaat meditasi.

Setelah mampu menjalankan langkah meditasi secara konsisten sekitar 3 bulan Anda dapat menjalankan medtasi berikutnya untuk merasakan tubuh atau fokus pada tubuh.

Meditasi dengan obyek nafas dan tubuh akan sangat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

1 thought on “Belajar Meditasi Bagi Pemula”

Comments are closed.