Berbagai Variasi Olahan Daun Kelor Yang Menyehatkan

Daun kelor berasal dari tanaman yang dikenal dengan nama latin Moringa oleifera. Pohon kelor ini dikenal sebagai tanaman ajaib karena kaya nutrisi dan seluruh bagian tanaman memiliki manfaat. Di Indonesia telah ribuan tahun dikenal sebagai bahan pahan dan tanaman obat.

Untuk dapat memahami manfaat daun kelor maka perlu dibandingkan dengan kandungan nutrisi tanaman lain. Kandungan gizi daun kelor segar, setara dengan:

· 4x vitamin A yang dikandung wortel,
· 7x vitamin C yang terkandung pada jeruk,
· 4x mineral Calsium dari susu,
· 3x mineral Potassium pada pisang,
· 3/4x zat besi pada bayam, dan
· 2x protein dari yogurt.

Sedangkan kandungan gizi daun kelor kering atau daun kelor bubuk setara dengan:

· 10x vitamin A yang dikandung wortel,
· 1/2x vitamin C yang terkandung pada jeruk,
· 17x mineral Calsium dari susu,
· 15x mineral Potassium pada pisang,
· 25x zat besi pada bayam, dan
· 9x protein dari yogurt.

Kini  banyak masyarakat berupaya mencari dan mengkonsumsi daun kelor karena menyadari khasiatnya. Tetapi  banyak yang belum terbiasa dengan rasa daun kelor sehingga dibutuhkan berbagai variasi pengolahannya  agar dapat disantap dan dirasakan manfaatnya oleh setiap orang.

Kami sajikan beberapa resep daun kelor dengan berbagai variasi pengelohannya. Anda dapat memilih cara pengolahan yang cocok bagai anda sekeluarga.

Manfaat kelor sangat banyak sehingga dikenal sebagai pohon ajaib – miracle tree. Maka tanaman ini sudah selayaknya menjadi tanaman keluarga jadi sudah selayaknya ditanaman di setiap halaman rumah.

Olahan Daun Kelor Kreasi Masyarakat

Kripik Daun Kelor, Warga Talise, Palu.

Produk ini diproduksi  oleh sejumlah ibu rumah tangga di Kelurahan Talise, dibuat tanpa menggunakan  bahan pengawet sama sekali. Komposisi utamanya adalah daun kelor muda dengan ubi.

Tortilla  daun kelor dipasarkan dalam dua kemasan yaitu Tortilla yang sudah digoreng dengan bumbu khusus dan Tortilla mentah. Untuk bahan mentah konsumen tinggal menggorek dicampur dengan bumbu buatan khusus yang dibuat tanpa bahan pengawet. Tortilla ini memiliki masa kadaluarsa hingga tiga bulan.

Krupuk Daun Kelor Warga Sumbersalak , Jember.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya, antara lain daun kelor, tepung tapioca, bawang putih, garam, dan air mendidih. Setelah bahan siap, campurkan semua bahan dan diaduk sampai rata. Adonan yang sudah terbentuk kemudian dimasukkan dalam daun pisang kemudian di kukus dalam air mendidih. Setelah matang, kemudian di angkat dan di tunggu sampai dingin untuk kemudian diiris tipis. Setelah diris dijemur sampai kering. Jika sudah kering, baru kemudian bisa digoreng dan dinikmati.

Krupuk Daun Kelor Mahasiswa Pertanian IPB, Bogor.

Produk kerupuk dipilih karena merupakan makanan jajanan yang banyak diminati masyarakat luas. Bahkan kerupuk termasuk produk yang mempunyai potensi ekspor.

“Sebagian besar bahan baku kerupuk tepung tapioka dan bahan-bahan lain yang rendah kandungan gizinya. Dengan menambahkan daun kelor maka nilai gizinya menjadi jauh lebih tinggi,” imbuh Clara.

Proses pembuatan kerupuk daun kelor ternyata cukup mudah. Diawali dengan membuat tepung dari daun kelor. Daun kelor dipisahkan dari batangnya, dicuci, dan dikeringkan dengan cahaya matahari lalu diayak. Nah, jadilah tepung daun kelor.

“Tepung kelor ini kemudian dicampurkan dalam proses pembuatan kerupuk. Adapun bahan baku pembuatan kerupuk, yakni tepung terigu, tepung kelor, tepung singkong, putih telur, bawang merang, bawang putih, garam, air, dan gula,” urai Ai.

Dia menambahkan, semua bahan selanjutnya dicampur, ditambahkan air panas, diaduk hingga kalis. Adonan lalu dibentuk bulatan panjang dengan diameter 2 inchi, dikukus selama satu jam, kemudian dipotong-potong dengan ketebalan 1,5 milimeter lalu dikeringkan. Kerupuk siap digoreng dan disantap.

Sumber : LPPM, IPB.

Minuman Daun Kelor Mahasiswa Kebidanan, Yogyakarta.

Dua mahasiswa kebidanan dari Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBIDYO) berhasil mengembangkan produk minuman dari daun kelor. Mereka adalah Nimas Arum Saraswati dan Sundari. Produk minuman yang diberi nama Kalokola Healthy Drinks ini merupakan terobosan inovasi terbaru untuk pengolahan daun kelor.

Sus Daun Kelor, Sleman, Yogyakarta

Di daerah Sleman, Yogyakarta terdapat tempat penjualan oleh-oleh yang memproduksi Sus Daun Kelor. Sus ini merupakan perpaduan antara resep pribadi dengan komoditi lokal yang berkhasiat. Dibuat dengan bahan alami tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Khasiat daun kelor diramu dengan mempertahankan citarasa dan kerenyahan sus serta kelembutan vla.

Resep Daun Kelor Yang Dapat Langsung Dipraktekkan

1. Krupuk Kelor Kaili

Kaili adalah nama suku kuno yang berada di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Adanya resep krupuk kelor dari kaili menunjukkan bahwa pengolahan daun kelor sudah dikenal masyarakat nusantara sejak dahulu kala.

Bahan-bahan untuk membuat krupuk daun kelor.

500 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
100 gram daun kelor
15 biji Cabe rawit
5 biji Cabe keriting
1 butir telur
500-700 ml air
4 siung bawang putih
1 sdt garam halus

Cara Membuat krupuk daun kelor

1. Siapkan wadah blender, masukkan 100 gram daun kelor, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting dan 500 ml air. Giling agak sampai agak halus,jangan terlalu halus. Siapkan baskom, masukkan tepung tapioka dan tepung terigu.

2. Tambahkan daun Kelor yang sudah dihaluskan dengan bumbu. Tambahkan garam halus dan telur, aduk rata. Masukkan daun Kelor satu genggam, aduk kembali hingga rata.

3. Siapkan cetakan kecil,ambil sedikit adonan. Pipihkan rata,jangan terlalub tebal dan jangan terlalu tipis. Sambil mencetak, siapkan kukusan.

4. Isi air dan biarkan hingga mendidih. Masukan cetakan yang sudah diisi bahan keripik.masak kira-kira 5-8 menit. Keluarkan cetakan dari kukusan, lepas pelan-pelan isi cetakan dan tata diatas plastik.

5. Lakukan hingga habis dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering.

6. Setelah kering siap digoreng dan Kerupuk Kelor Kaili siap disajikan.

2. Telur dadar daun kelor

Telur Dadar olahan daun kelorMembuat telur dadar dapat dilakukan siapa saja. Langkah pertama adalah siapkan telur sesuai kebutuhan, bisa 2 atau 3 butir telur sesui selera. Masukkan isi telur mentah tadi ke dalam mangkuk. Kemudian potong cincang Bawang merah,daun bawang, sedikit seledri, cabai besar, cabai kecil dan daun kelor.

Masukkan potongan bumbu tadi ke dalam telur, tambahkan garam lalu kemudian dikocok. Goreng campuran adonan tadi hingga keemasan. Telur dadar daun kelor pun siap dinikmati.

3. Sayur Bening Daun Kelor

Sayur Bening Olahan Daun kelorSayur ini paling mudah dibuat. Sebelum mulai memaksa siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan daun kelor muda berwarna hijau muda sebanyak 1 ikat. Agar sayur bening daun kelor memiliki rasa yang bervariasi dan nyaman dilidah bisa ditambahkan pilpilan jagung manis. Jangan lupa siapkan juga 2 ruas temu kunci, garam, penyedap rasa, 500ml air atau sesui selera.

Setelah bahan siap, rebuskan air. Masukkan jagung, daun kelor, garam, penyedap rasa dan juga 2 ruas temu kunci. Masaklah hingga daun kelor dan jagung matang. Sekarang, sayur bening daun kelor siap dihidangkan.

Tips untuk menghilangkan bau langu daun kelor atau terasa sedikit pahit: rebus daun kelor terlebih dahulu tapi jangan terlalu lama. Kemudian remaslah secara perlahan hingga air dari daun kelor ini sedikit hilang, setelah baru dimasak sesuai selera.

4. Tumis Daun Kelor

Siapkan bumbunya terlebih dahulu. Potong 2 siung bawang merah, 1 siung bawah putih, 1 cabai merah besar, dan 1 cabai kecil (sesuai selera). Panaskan wajan lalu goreng potongan bumbu tadi, jangan lupa tambahkan daun salam sebagai penguat aroma. Setelah setengah matang, masukkan sayur kelor tadi.

Tumis sayur tersebut hingga matang, tambahkan garam. Bagi yang ingin ada rasa manis bisa menambahkan  gula.  Diamkan sampai matang lalu kemudian angkat.  Sayur tumis daun kelor telah siap disantap.

5. Sayur Urap Daun Kelor

Cara memasaknya sama dengan sayur urap pada umumnya, hanya saja sayur yang digunakan adalah kelor. Pertama-tama seperti biasa rebus daun kelor yang muda, lalu tiriskan. Kalau di Bali bumbu yang digunakan biasanya bumbu kuning seperti pada roroban tersebut hanya saja kali ini yang di masak adalah kelapa yang sudah di parut.

Caranya, masukkan bumbu kuning, daun jeruk nipis, dan daun salam ke dalam wajan berisikan minyak yang sudah panas. Setelah agak matang kamu bisa memasukkan kelapa yang sudah d parut beserta santannya k dalam wajan berisi bumbu tadi. aduk merata. Jangan lupa menggoreng bawang merah dan putih sedikit ya untuk menambah kegurihan sayur urap ini.

Setelah semuanya beres, ambil sayur kelor yang sudah direbuskan tadi lalu aduk rata dengan bumbu yang sudah dibuat. Tambahkan garam dan sedikit penyedap bila diperlukan, bila kurang gurih kamu bisa menambahkan gula karena gula merupakan penyedap rasa alami. Setelah itu jangan lupa tambahkan bawang goreng.

6. Kue Daun Kelor

Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung daun kelor 1/2 kg, tepung beras 1 kg, gula pasir 3/4 kg, telur ayam 5 butir, santan kelapa 200 ml (1 gelas), perasa (vanili, coco pandan, dll), soda kue dan air secukupnya.

Proses Pembuatannya.

1. Saat ini bubuk atau tepung daun kelor banyak dijual. Jika Anda tidak memiliki bisa membuatnya sendiri. Petik daun kelor, kemudian pisahkan dari batang-batangnya. Jemur daun kelor selama 5-7 hari hingga kering. Blender daun kelor kering tersebut hingga berbentuk halus/tepung.

2. Campur tepung daun kelor dengan tepung beras atau tepung tapioka hingga rata. Langkah selanjutnya tambahkan sedikit air lalu kuskus sebentar (7-10menit) tepung tersebut hingga agak setengah matang, kemudian angkat dan urai lagi tepung tersebut di atas nampan/wadah.

3. Kocok telur bersama gula pasir dengan menggunakan blender atau kocokan telur. Setelah itu, campur semua bahan ke dalam adonan tepung, termasuk soda kue, santan, perasa dan sedikit air.

4. Aduk rata adonan kemudian masukan ke dalam  cetakan kue.

5. Panggang atau oven selama 10-15 menit. Kue juga bisa dibuat dengan cara dikuskus. Untuk menciptakan ragam rasa pada kue ini, gunakan beragam perasa, atau tambahkan bahan pelengkap lain, misalnya kacang ijo, dll.

7. Puding Daun Kelor

1. Ambil daun kelor 1 genggam, ambil daunnya saja ya!
2. Lalu, rebus daun-daun tersebut selama 3 menit dengan air 200 cc
3. Setalah itu, blenderlah daun-daun rebusan tersebut dengan air hasil rebusan kelor
4. Tambahkan Gula pasir 50 gr atau sesuai selera
5. Gunakan agar-agar bubuk putih 1 bungkus
6. Tambahkan susu cair 400 cc dan air daun kelor 200 cc.

Cara memasaknya pun cukup mudah lho..!
1. Masaklah semua bahan puding diatas api sedang sambil terus diaduk
2. Setelah mendidih angkat dan aduk terus hingga uap panasnya hilang.
3. Tetakhir, ambil cetakan sesuai selera dinginkan dan sajikan.

8. Brownies Kukus Daun Kelor

Bahan-bahan yang diperlukan adalah siapkan bahan-bahanya yaitu Tepung Daun Kelor, Tepung Maizena, Telur, Skm putih, Backing powder, Sp, Perasa pandan, Gula, Garam dan Margarin atau minyak kelapa.

Proses pembuatannya :

Siapkan bahan-bahan beserta alat yang dibutuhkan (wadah adonan, loyang, spatula, tusuk sate)

Buatlah adonan pertama, tuangkan 1sdt tepung daun kelor dan 6sdm tepung maizena, kemudian aduk hingga merata

Setakah teraduk rata, berikan 1 sachet skm putih dan 2sdm backing powder, lalu aduk hingga tercampur rata

Buatlah adonan 2, pecahkan 2 butir telur ayam dan tuangkan 6-7sdm gula dengan 1sdt sp, kemudian campur hingga merata dan mengembang

Setelah adonan 2 selesai, tuangkan ke adonan pertama kemudian kocok hingga merata tanpa ada gumpalan sedikit pun

Lalu, beri sekitar 2 sendok teh perasa pandan dan sejumput garam kemudian aduk lagi hingga merata dan mengembang

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin/minyak kelapa lalu tuangkan adonan tersebut dan kukus selama 15-20menit

Setelah matang, keluarkan brownies dari loyang dan brownies kelor siap dihidangkan

Mari Mengkonsumsi Olahan Daun Kelor

Terdapat berbagai  variasi olahan makanan dengan bahan baku daun kelor yang dapat digunakan untuk kesehatan Anda dan keluarga.  Mengkonsumsi kelor membuat hidup sehat secara alami dengan biaya yang sangat murah. Khasiat dari daun kelor ini dapat dirasakan dari mereka yang masih bayi hingga kakek nenek.

Jual Daun Kelor

Daun kelor yang dijual dipasaran terdiri dari 2 jenis, yaitu : daun kelor segar dan daun kelor kering. Daun kelor kering juga tersedia dalam bentuk bubuk.