Detoks Pisang : Banana Detox Ala Wied Harry

Detoks pisang adalah salah satu cara alami untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Detoks dengan cara ini adalah sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Di Indonesia, pisang adalah makanan keseharian yang mudah di dapat dimana-mana. Untuk memahami lebih detail tentang detoks pisang, ulasan dari Wied Harry seorang pakar yang mahir merancang menu makanan sehat perlu di simak.

Dalam rangka mendampingi klien, sejak hari ini saya hanya mengasup pisang. Bukan pisang rebus, pisang goreng, atau pisang epek. Tapi pisang ‘segar’, yakni pisang matang tua. Jenis pisang ini lazim disebut pisang meja atau *banana*. Pilihan saya adalah pisang ambon kuning organik. Sementara jenis pisang yang lebih enak dinikmati setelah dimasak [dikukus, digoreng, dibakar, dikolak] digolongkan ke dalam jenis *plaintain*.
.

Mengapa pisang?

Karena pisang mudah didapat di mana pun, bahkan di warung sekalipun. Dibanding buah-buahan lainnya, pisang sedikit lebih banyak mengandung pati [26%], sehingga memberikan rasa kenyang yang “mantap” dan tahan lama bagi pedetoks pemula. Pisang kaya serat larut maupun serat tak larut, yang membantu mendorong sampah makanan keluar tuntas sesuai jadwal.
.
Pisang berlimpah kandungan mineral kalium dan magnesium, yang membuat serabut-serabut otot dan pembuluh darah relaks. Karena itu, pisang berkhasiat meredakan stres, mengoreksi tekanan darah, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Pisang merupakan makanan probiotik andalan, kandungan fructooligosaccharides (FOS)-nya merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus.
.

Berapa banyak? Diasup sebagai apa saja?

Tidak ada timbangan, tidak perlu ditakar sekian gram. Berapa banyak makan pisang adalah hingga batas kenyang pribadi. Kalau sudah kenyang, ya brenti mengasup pisang – jangan sampai kekenyangan. Selain dimakan begitu saja, pisang dapat di-smoothie bersama sayuran hijau seperlunya atau sayuran warna lainnya dengan tambahan air kelapa muda yang memiliki kemampuan tinggi mendetoks. Jika ada, air kelapa muda dapat diganti dengan jus daun suji [12 lembar daun suji dipotong-potong 1 cm, blender halus bersama 250 ml air minum, peras-saring].
.

Berapa lama detoks pisang?

Dari 3 hari hingga 10-12 hari. Jika tak mampu lama, 3 hari melakukan detoks pisang sudah cukup sebagai latihan awal. Meskipun sampai tahap ini proses detoks belum terjadi, karena proses detoks biasanya baru terjadi setelah hari ke-3 atau setelah hari ke-4. Tapi perjuangan meninggalkan dead food dan segala bala tentaranya [MSG, gluten, gula putih, bahan tambahan sintetis, dll] tetap patut diapresiasi. Jika mau proses detoksnya tuntas, boleh dilempengin hingga 10-12 hari. Sambil diamati apa yang terjadi di akhir masa detoks: koreksi berat badan? badan lebih fit tidak mudah lelah? kulit lebih cerah lebih kenyal? emosi lebih terjaga? lebih mudah merasa bahagia?
.
Walaupun tidak memiliki kemampuan tinggi mendetoks toksin sebagaimana detoks jus, detoks pisang sangat bermanfaat. Setidaknya kita dapat berlatih menguatkan hati dan pikiran untuk tidak mau kalah pada keinginan mulut semata.

Keywords:.
#detoks #detox #bananadetox #detokspisang #rawfood #alkaline #alkalinefood #alkalineeating #alkalinediet #dietalkali #polamakanalkali #plantbased #vegan