You are currently viewing Lima Elemen Tubuh Manusia Dan LIma Elemen Alam Semesta

Lima Elemen Tubuh Manusia Dan LIma Elemen Alam Semesta

Lima elemen tubuh adalah bagian dari pemahaman tentang tubuh manusia dalam tradisi timur.

Apakah hal utama yang membedakan pemahaman sains barat dan kebijaksanaan atau spiritualitas timur dalam hal kesehatan manusia. Sains barat atau sains yang kita kenal saat ini memandang kesehatan manusia secara parsial sedangkan dalam tradisi atau spiritual timur masalah kesehatan manusia dilihat secara holistik.

Kita akan belajar memahami bagimana sains dan spiritualitas timur membagi tubuh manusia menjadi 5 elemen tubuh, yaitu tubuh fisik, tubuh vital(prana), tubuh mental, tubuh psikis dan tubuh spiritual.

Lima elemen tubuh ini juga berkaitan dengan lima elemen alam semesta. Setiap tradisi di timur merepresentasikan lima elemen alam semesta pada tubuh manusia  ini secara berbeda-beda. Misalnya dalam tradisi jawa atau nusantara representasi lima elemen alam semesta pada tubuh manusia digambarkan dalam konsep sedulur papat lima pancer. Dalam empat sedulur lima pancer ini menggambarkan 4 elemen bumi (Ibu bumi) dan 1 elemen angkasa (bapa angkasa). Empat elemen bumi adalah tanah, air , api dan udara sedangkan 1 elemen angkasa adalah eter.

Tubuh Fisik

Elemen tubuh fisik manusia berkaitan dengan kemampuan untuk bertahan hidup secara fisik. Hal ini merepresentasikan bentuk energi yang paling kuat pada keadaan tetap yang berkaitan dengan elemen tanah. Otot dan tulang kita berkaitan dengan kedaan yang tetap itu.

Tubuh Vital atau Tubuh Prana

Elemen tubuh vital manusia berfokus pada seksualitas, emosi dan vitalitas. Tubuh vital ini berkaitan dengan elemen air. Hal ini menggambarkan bentuk aliran energi yang terdapat dalam cairan yang membentuk tubuh manusia. Di dalam tubuh vital ini bernaung emosi seperti nafsu, cemburu, rasa ingin memiliki dan lainnya. Ketika dimurnikan , elemen tubuh ini membantu kita mengontrol emosi.

Tubuh Mental

Elemen tubuh mental berfokus pada mentalitas dan pemikiran. Elemen ini berhubungan dengan elemen api. Bagian atau elemen tubuh ini mengatur kepribadian dan ego manusia serta bertanggung jawab terhadap rasa aman dan tidak aman. Elemen ini muncul melalui intelektual kita. Ketika dimurnikan, elemen ini meningkatkan hubungan interpersonal dan kepribadian kita.

Tubuh Psikis

Elemen tubuh psikis berfokus pada emosi dan spiritualas yang lebih tinggi. Tubuh psikis ini berkaitan dengan elemen udara atau elemen angin. Elemen tubuh ini menggambarkan perkembangan mengendalikan emosi yang terdapat di dalam diri kita melalui aspirasi spiritual. Bagian atau elemen tubuh psikis ini merespon hal yang berkaitan dengan cinta dan agama. Ketika dimurnikan, elemen ini memberikan kemampuan mencintai tanpa syarat.

Tubuh Spiritual

Elemen tubuh spiritual ini berfokus pada tingkatan tertinggi kebijaksanaan dan sumber kesadaran murni. Elemen ini berkaitan dengan elemen eter atau ruang.

Ketika dimurnikan maka kita akan menemukan kebebasan karena telah mencapai diri yang sebenarnya.

Lima elemen tubuh manusia mengandung lima elemen alam semesta inilah menjelaskan relasi jagat kecil(manusia) dan jaga besar (alam semesta).