Kesehatan PikiranKesehatan Spirit

Energi Positif dan Negatif Dalam Pikiran

Dalam pikiran manusia terdapat suatu energi yang dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu energi positif dan energi negatif.

Energi positif dalam pikiran muncul dan dibentuk oleh suatu kondisi yang mengarah kepada hal-hal yang bersifat positif seperti cinta kasih, keyakinan, kesadaran, ketenangan dan kebijaksanaan. Sedangkan energi negatif dibangun oleh kondisi pikiran yang selalu memunculkan rasa iri, dengki, serakah, sombong, khawatir, ragu-ragu, egois, putus asa, dan lain-lain.

Sifat positif dan negatif yang ada dalam pikiran manusia, akan memunculkan suatu emergi positif dan negatif yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Mengapa pikiran negatif dan positif tersebut berpengaruh terhadap kesehatan manusia?

Berdasarkan pemahaman yang berkembang dalam ilmu meditasi, pada dasarnya manusia itu terdiri dari dua elemen dasar yaitu materi dan batin.

Pembentukan unsur materi diawali dengan proses biologis dari pertemuan ovum dan sperma. Dalam perkembangan kedua sel tersebut untuk menjadi badan manusia dipengaruhi oleh 4 energi, yaitu energi pikiran, energi perbuatan, energi makanan dan energi temperatur.

Keempat energi tersebut berfungsi untuk mengikat, mempengaruhi, membentuk dan megubah materi yang ada dalam alam ini untuk membentuk badan atau tu buh manusia. Keempat energi itulah yang mempengaruhi munculnya getaran negatif, positif, dan netral dalam diri manusia.

Ketika kita jatuh sakit salah satu sebabnya adalah terlalu banyaknya pikiran manusia memproduksi energi negatif. Demkian pula sebaliknya, pikiran yang selalu didasari oleh rasa tenang, tidak cemas, bijaksana dan cinta kasih akan menghasilkan suatu energi positif yang membuat tubuh kita sehat.

Oleh Merta Ada

Sumber: Meditasi Kesehatan, Pikiran Harmonis Membantu Kesehatan Kita.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker