Kalau Kesedihan Melanda Diri Anda

Dokter ahli kanker Amerika yang menulis buku Healing Essence, melalui pengalamannya menangani pasien, menemukan sesuatu kekuatan alamiah dalam diri setiap orang yang perlu “dibuka”, untuk membantu penyembuhannya. Kekuatan itu sebenarnya merupakan kesadaran akan diri kita yang paling dalam, yaitu inti jati diri. Kita dapat menyembuhkan perasaan sedih dengan berhubungan kembali melalui inti jati diri tersebut.

Tujuh langkah berikut adalah “sikap merenung” yang dirancang untuk membantu anda dengan cara merasakan, menerima, melepaskan perasaan-perasaan sedih dari pengalaman buruk dalam hidup anda. Luangkan waktu sekitar 10 menit sampai setengah jam untuk merenung kembali peristiwa-peristiwa lalu.

Sebelum mulai, duduk nyaman dikursi. Sebaiknya pilih tempat yang tenang. Tutup mata anda selama dua tiga menit. Bernafas yang dalam tiga kali.Tarik nafas dalam sampai ke perut Kalu bisa “isi” sepenuh mungkin. Pelan-pelan hembuskan nafas.Pusatkan perhatian anda pada setiap pernafasan, lalu kembali dua tiga menit bernafas dengan konsentrasi, tanpa perlu dikontrol.
Kini anda masuk dalam tahap konsentrasi penuh, biarkan mata anda tertutup. Beri kesempatan pada diri anda untuk merenungkan setiap pertanyaan yang muncul.

1. RASAKAN kesedihan anda. Santai selama satu menit lalu katakan pada diri anda,” saya ingin merasakan kesedihan ini”. Beri perhatian pada tubuh anda. Pada bagian mana anda merasakan kesedihan itu? Berikan lokasi yang tepat, bentuknya, ukurannya,warna, suhu.

2.LIHAT dan teliti akibat dari kejadian yang menyedihkan itu. Lihat pula trauma anda yang lain.Pusatkan pikiran pada kekuatan untuk melepaskankesedihan tsb dan mencoba mengubah sikap anda.

3.PASRAH pada Ynag Maha Kuasa. Pasrahkan semua perasaan sedih, sakit hati, kesepian yang muncul. Alami dan rasakan kesedihan seutuh mungkin. Sikap seperti ini memungkinkan beban anda menjadi terlepas.

4.SADARILAH bahwa kecenderungan kita , sering melarikan diri dari kesedihan. Pusatkan perhatian dan perasaan  bahwa anda mampu mengalami  dan menyembuhkan  kesedihan itu. Proses seperti diatas dapat membantu anda lebih tawakal.

5.PELIHARA dan pupuklah inti jati anda. Bayangkan kekuatan inti jati diri anda. Bayangkan kekuatan inti jati diri anda yang bersatu dengan kekuatan alam semesta.

6.CIPTAKAN kondisi bahwa anda telah bebas dari rasa sedih. Tanyakan pada diri sendiri mengapa anda bersedih. Lalu bayangkan suatu “pintu”dimana inti jati diri anda dapat mengalir masuk. Melalui pintu ini pula perasaan negatif yang selama ini anda miliki bisa dikeluarkan.

7.WUJUDKAN dan laksanakan situasi yang anda inginkan untuk melepas segala kesedihan. Katakan pada diri sendiri bahwa anda memilih untuk memiliki apa yang layak anda miliki yakni kedamaian, harmoni dan bebas dari kesedihan.

( sumber majalah sartika)