Article

Kesehatan Pikiran: Dalam pikiran yang ada hanyalah masa sekarang

Kesehatan pikiran | Kabarsehat.comUntuk menjaga kesehatan pikiran perlu pemahaman tentang pikiran. Saat mengingat atau memikirkan tentang kejadian masa lalu atau masa depan kita pasti akan merasakan emosi tertentu. Emosi yang muncul dirasakan saat ini, bukan masa lalu atau masa depan. Dengan demikian, saat kita mengenang pengalaman traumatik dan merasa menyesal, sedih, kecewa, marah, terluka, benci, dendam, sakit hati, atau merasa cemas, takut, dab khawatir akan masa depan, semua emosi ini dirasakan saat sekarang ini.

Demikian pula sebaliknya, bila kita mengingat atau mengenang kembali kejadian masa lalu yang menyenangkan, membahagiakan, menggembirakan, atau memikirkan masa depan yang cerah, penuh dengan hal-hal positif, semua perasaan positif akan dirasakan saat ini.

MindBody Medicine

Salah satu esensi dari MindBody Medicine adalah menjaga kesehatan pikiran. Konsep MindBody didasarkan atas pemahaman bahwa tubuh dan pikiran saling terintegrasi. Pemahaman tentang relasi pikiran dan tubuh adalah pemahaman yang sudah umum dalam  Peradaban Timur, tetapi  sejak era Descartes(abad 15) bagi peradaban Barat relasi antara tubuh dan pikiran ditiadakan. Pemahaman baru tentang MindBody terutama di barat adalah kembalinya peradaban barat pada pemahaman yang sesungguhnya tentang relasi antara tubuh dan pikiran.

Menurut Nasional Insititute of Health(NIH), MindBody Medicine fokus pada interaksi antara otak, pikiran, tubuh, dan perilaku, dan cara luar biasa di mana faktor emosi, kondisi mental, sosial, spiritual, dan perilaku dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan.

Melengkapi pemahaman tentang pikiran dan kaitannya dengan emosi silahkan dibaca juga relasi antara pikiran dan emosi.

Jika di masa lalu kita sering mendengar bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat maka kita dapat juga membalikkannya menjadi di dalam pikiran atau jiwa yang sehat terhadap tubuh yag sehat. Artinya tubuh, pikiran , emosi dan jiwa saling terkait yag mempengaruhi kesehatan manusia secara holistik.

Sumber: The Miracle of MindBody Medicine

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker