Manfaat Daun Pepaya Mengobati Demam Berdarah

Manfaat Daun Pepaya di Kabarsehat.comManfaat daun pepaya selama ini lebih banyak digunakan untuk melembutkan daging, tetapi ternyata terdapat khasiat lain dalam bidang kesehatan.The Institute for Medical Research (IMR) mengungkapkan kelebihan lain dari daun papaya, yaitu menyembuhkan penyakit demam berdarah. Caranya sangat sederhana dengan meminum jus dari daun pepaya mentah.

Petugas medis IMR Dr Soobitha Subendran mengatakan bahwa daun pepaya tidak secara ajaib menyembuhkan pasien demam berdarah. Daun pepaya bahkan bisa menjadi terapi pendukung untuk membantu mempercepat proses pemulihan, yang biasanya memakan waktu 9 sampai 10 hari.

“Saya secara pribadi telah mengamati bahwa waktu pemulihan pasien yang diberikan ekstrak daun pepaya lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang menerima pengobatan demam berdarah secara standar, dalam uji klinis yang dilakukan oleh IMR sebelumnya,” ungkapnya,

Testimoni Manfaat Daun Pepaya

Khasiat daun pepaya untuk mengobati demam berdarah telah dirasakan seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit mematikan ini. Sebelumnya si anak ini mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter tranfusi darah.

Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang jus daun pepaya mentah.Setelah minum juice tersebut, trombosit temannya yang semula 45 dengan 25 liter tranfusi darah naik dengan cepat menjadi 135.

Hal ini membuat dokter dan perawat terkejut. Bahkan keesokan harinya, temannya itu sudah tidak diberikan tranfusi lagi.

Padahal, sebelumnya, keadaannya sangat kritis, di mana paru-parunya telah mulai diisi air karena angka trombositnya yang sangat rendah.. Sampai-sampai dia kesulitan untuk bernafas. Dokter hanya bisa berkata bahwa kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan.

Keluarga dari anak lelaki tersebut  mengetahui khasiat  juice daun pepaya mentah tersebut. Setelah diberikan kepada pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya mulai hilang. Juice itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh.

Sejumlah artikel kesehatan memang menyebutkan manfaat daun pepaya ini mengobati kesehatan salah satunya menyebutkan daun pepaya memiliki kandungan yang bisa mengobati atau menetralkan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah.

Pasien yang berniat untuk mencoba ekstrak daun pepaya harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika sudah disetujui oleh spesialis kesehatan, mereka dapat mulai mengonsumsi dua sendok makan ekstrak daun pepaya sehari selama maksimal tiga hari.

Cara membuat jus daun pepaya

  • 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain
  • Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun
  • Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari
  • Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang
  • Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.
  • Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminumPengalaman lain tentang juice daun pepaya mentah ini didapat oleh seseorang dengan kondisi yang sangat parah.

Gejala Demam Berdarah

Berikut ini gejala dan ciri-ciri Anda atau anak anda mengalami Demam Berdarah :

Bintik-bintik Merah

Merah di bagian wajah itu seperti timbulnya bintik bintik atau ruam kecil yang menyeba ke seluruh anggota tubuh. bintik ini jika di usapkan dengan tangan tidak akan berubah warnanya tapi jika berubah berarti bukan penyakit DBD yang di alaminya. gejala demam berdarah dengue inilah yang paling utama terjadi.

Nyeri punggung, tangan atau kaki

Nyeri punggung dapat di alami oleh siapa pun dari usia muda dan tua. Urut lah dengan menggunakan minyak esensial atau minyak lainnya, yang memang di khususkan untuk hal ini. Gejala demam berdarah pun akan terjadi pada bagian punggung yang mengalami rasa nyeri. Selain punggung, tangan dan kaki juga ikut merasakannya.

Nyeri sendi

Gejala demam berdarah adalah nyeri sendi. Sendi pada bagian anggota tubuh itu banyak sekali. ada ditangan, kaki, betis, punggung, pinggang dan lutut serta masih banyak lagi. Sering kali dialami pada orang yang mempunyai riwayat penyakit tulang, seperti osteoporosis. Dan bisa berdampak buruk, apabila tidak di atasi dengan segera.

Sakit kepala atau vertigo

Sakit kepala parah atau vertigo adalah penyakit yang menyerang pada bagian kepala dan rasa sakitnya itu pun sangat parah dan dahsyat sekali. kita tidak boleh mendiamkan penyakit ini begitu saja. Gejala demam berdarah pun akan mengalami hal seperti ini, di mana kepala akan terjadi rasa sakit yang luar biasa.

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah penyakit yang terjadi pada bagian tenggorokan. Penyakit ini dapat di alami oleh siapa saja, baik wanita dan pria. Penyebabnya sangat banyak, yaitu dari kekurangan air putih, memakan makanan berminyak, suka berteriak, kurang mengkonsumsi vitamin dan ada amandel didalamnya.

Gejala demam berdarah adalah sakit tenggorokan. Jadi bagi orang yang mengalami hal ini secara terus menerus dan tidak hilang hilang, di pastikan sedang terjadi penyakit DBD.

(Diadaptasi dari berbagai sumber)