Manfaat Daun Pepaya Muda Untuk Kesehatan

Daun pepaya yang dikonsumsi umumnya yang masih muda. Sebagai lalapan dapat dimakan mentah atau direbus dulu, rasanya pahit.

Daun pepaya sering digunakan sebagai pengempuk daging karena mengandung enzim papain. Di dalam tubuh manusia, enzim ini dapat membuat makanan yang berada di saluran pencernaan menjadi lebih lembut, sehingga pengeluaran feses menjadi lebih mudah dan menghindari terjadinya ambeien. Enzim papain dan serat kasar yang tinggi dalam daun pepaya juga berfungsi mencegah konstipasi dan kanker perut.

Kalsium cukup tinggi pada daun pepaya sangat baik untuk pengobatan encok, rematik, arthritis, dan penyakit tulang lainnya. Daun pepaya juga bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam darah(kolesterol), diabetes, mencegah anemia, meningkatkan nafsu makan, dan antikanker. Seperti sayuran lainnya, daun pepaya juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin C.

Membuat Jus Daun Pepaya
200 gram daun pepaya muda dicuci bersih, direbus dengan air mendidih, dinginkan, buang airnya, lalu diblender dengan menambahkan air sedikit demi sedikit.

Dapat diminum 2kali sehari. Sekali minum sebanyak 1 gelas.

Diadaptasi dari buku “Tanaman Obat dan Jus untuk mengatasi penyakit jantung, hipertensi, kolesterol, dan stroke”