Manfaat Kelor yang dikenal sebagai Pohon Ajaib

Manfaat KelorManfaat Kelor yang dikenal sebagai Pohon Ajaib telah di akui oleh WHO. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun.

Kandungan vitamin dan nutrisi dari daun kelor berlipat-lipat dari bahan-bahan berkhasiat yang selama ini kita kenal. Selama ini jika kita bicara tentang sumber Vitamin A, yang terbayang adalah wortel, padahal dengan berat yang sama Vitamin A pada daun kelor jauh lebih banyak dibanding wortel. Dengan perbandingan berat yang sama, daun kelor juga mengandung Vitamin C lebih banyak dibanding jeruk, kalsium empat kali lipat susu, potasium tiga kali lipat pisang, protein dua kali lipat yogurt dan zat besi jauh lebih banyak daripada bayam.

Kelor dinyatakan dapat menyembuhkan 300 jenis penyakit (menurut National Institute of Health, 21 Maret 2008). Bahkan WHO merekomendasikan untuk memberikan sayur kelor kepada bayi dan balita untuk masa pertumbuhannya. WHO juga menyatakan kelor berjasa sebagai penambah kesehatan murah selama 40 tahun di negara-negara termiskin di dunia. Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor.

Manfaat Kelor Dan Khasiat Daunnya

Dari Wikipedia inilah manfaat utama daun kelor:

  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  • Menyegarkan mata dan otak
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh
  • Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  • Memperindah kulit
  • Meningkatkan energi
  • Memudahkan pencernaan
  • Antioksidan
  • ┬áMemelihara sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  • Bersifat anti-peradangan
  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  • Mendukung kadar gula normal tubuh

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Budhis Utami Berbagai Manfaat Kelor :

Buah kelor yang dipotong-potong dan dibersihkan bagian luarnya sebelum dimasak.

Aku suka sayur daun kelor yang dimasak bening dan buah kelor yang dimasak sayur asem. Apalagi menggunakan sambal. Enak sekali rasanya. Mungkin sayuran inilah yang biasa dimasak ibuku sejak aku kecil sehingga aku selalu merindukan dan ingin menikmatinya.

Setelah lama kelor hanya dikomsumsi di daerah tertentu dan tidak seterkenal wortel, kembang kol, brokoli, dan lain-lain, sekarang banyak orang mulai melirik dan mulai tertarik untuk menanamnya karena banyak penelitian yang menyatakan bahwa daun dan buah kelor mengandung banyak vitamin.

Kekuatan Mistis Kelor

Di sisi lain, ada mitos mistis daun kelor, yaitu dapat mengusir mahluk halus atau menghilangkan kekuatan magis atau ilmu (kekuatan) yang ditanam dalam diri seseorang. Entah benar atau tidak aku punya pengalaman tentang itu.

Saat libur lebaran, sekitar tahun 2010, ibu mengajak menjenguk tetanggaku. Seorang nenek yang berusia sekitar 80 tahun yang sakit. Menurut cerita ibu, dia sudah sudah tidak bisa bangun dan tidak makan setahun lebih. Dia hanya minum sedikit dari air yang diusapkan ke bibirnya. Nenek itu masih bisa bersuara, mengeluh dan sedikit bicara. Badannya sudah tinggal tulang dibalut kulit. Sangat mengenaskan. Dokter sudah tidak bisa berbuat apa-apa katanya.

Lalu aku ingat, guru spiritual temanku yang menghidupkan kembali ORHIBA (Olah Raga Hidup Baru). Suatu olah raga yang diyakini dapat menyehatkan tubuh dan membangun jiwa yang selalu mengarah pada hal yang positif. Bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti kanker karena ada keseimbangan antara jiwa dan raga.

Aku ke sana dan menceritakan nasib nenek tetanggaku itu. Menurut si bapak, nenek tersebut mempunyai kekuatan tertentu yang jika ingin menggunakan atau melepaskan mengunakan doa-doa tertentu. Saat itu, dia lupa doa untuk mengeluarkannya sehingga menghambat proses kembalinya dia pada Sang Penciptanya. Ibarat kata lupa password untuk keluar.

Guru spiritual temanku itu, lalu memberikan masukan agar keluarga nenek tersebut memasak sayur kelor dan memberikannya seperti biasa mereka memberikan air. Syukur-syukur jika bisa memakannya. Kedua, memasukkan daun kelor yang telah dirontokkan dari batangnya ke air, diremas-remas dan diusapkan pelan-pelan ke seluruh tubuhnya. Lalu keluarga nenek itu pun melakukan pesan dari bapak tersebut. Tiga hari kemudian nenek itu meninggal dengan tenang dan wajahnya begitu damai. Apakah itu berkat daun kelor atau bukan, hanya Tuhan pemberi dan pengambil hidup ciptaan-Nya

Demikian berbagai manfaat kelor yang dikenal sebagai pohon ajaib.

2 thoughts on “Manfaat Kelor yang dikenal sebagai Pohon Ajaib”

Comments are closed.