Manfaat Meditasi

Apabila seseorang telah melakukan meditasi, maka organ-organ tubuh, sel-sel tubuh dan semua zat yang ada dalam tubuh akan mengalami homeostatis, bergerak dalam keadaan seimbang, berfungsi dalam keadaan seimbang, dan bekerja dalam keadaan teratur. Semua alat-alat tubuh akan berfungsi semaksimal mungkin dengan pengeluaran tenaga seminimal mungkin. Inilah manfaat meditasi.

Manfaat Meditasi, Kabarsehat.com
gb.vervelife

Meditasi menimbulkan perubahan fisiologis yang disebut sebagai respon relaksi yaitu integrasi fungsi mind-body: menurunnya pemakaian oksigen, denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, dan kadar asam laktat dalam serum; resistensi kuit meningkat dan terjadi perubahan aliran darah.

Kesterson dn Clinch(1989) membandingkan mereka yang melakukan meditasi dengan yang tidak melakukan meditasi menemukan bahwa meditasi tidak akan menimbulkan penurunan metabolisme seperti pendapat sarjana sebelumnya, tetapi terjadi hipoventilasi.

Lebih dari 20 penelitian dengan control membuktikan bahwa latihan relaksasi meditasi dan elctomyographic biofeedback dapat menurunkan tekanan darah lebih dari 20 mmHg sistolik dan 10-15 mmHg diastolik. Dengan melaksanakan relaksasi menyebabkan efek obat antihipertensi lebih efektif. Efek ini ditemukan lebih baik pada individu yang melaksanakan relaksasi setiap hari.

Ada tiga komponen prosedur induksi relaksasi yang kelihatan bertanggung jawab untuk efk pengobatan: (1) memusatkan mental dengan pengulangan secara eksternal atau internal, atau rangsangan pembangkitan diri; (2) relaksasi otot-otot; dan (3) kepercayaan akan manfaat dari prosedur tersebut(Liberman dan Bedell, 1989)

Latihan mditasi dilakukan dengan tujuan meningkatkan interkasi sosial, mengurangi keengganan terhadap situasi yang tidak menyenangkan, atau menghilangkan depresi (Hirschfeld dan Shea, 1989)

Imunitas (daya tahan tubuh) dipengaruhi oleh keadaan psikis dan mood(suasana hati) (Kaplan, 1989). Daya than tubuh dapat ditingkatkan dengan menggunakan hipnosis, sugesti, imajinasi, relaksasi dan biofeedback (Pasnau dan Fawzy, 1989). Dengan melakukan meditasi, akan terjadi keadaan homeostatis dalam diri orang itu sehingga daya tahan tubuhnya dapat berfungsi maksimal.

Meditasi tidak hanya membantu usaha menyehatkan fisik,mental dan sosial, tetapi juga memanfaatkan kemampuan spiritual yang dimiliki sesorang yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh Prof. Dr. Luh Ketut Suryani