Mangga dan Mengkudu Kombinasi Mengatasi Kanker

Mangga dan mengkudu kombinasi mengatasi kanker - kabarsehat.comMenurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Ediati, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dari tumbuhan obat. Dari total 40.000 jenis tumbuhan yang ada di dunia, sekitar 30.000 jenis tumbuhan ada di Indonesia, dan 940 jenis di antaranya merupakan tumbuhan berkhasiat obat.

Dari hasil penelitian, di antara beberapa tanaman obat, mengkudu dan mangga merupakan bahan alam yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat untuk bahan imunomodulator. Mengkudu diketahui berkhasiat memiliki antibakteri, antitumor, antivirus, anthelmentika, analgesik, antiinflamasi dan peningkat sistem imun. “Buah mengkudu yang kaya polisakarida dapat digunakan sebagai peningkat kekebalan,” ungkap Edita.

Sedangkan buah mangga, tambahnya, memiliki kandungan mangiferin yang mampu menghambat aktivasi nuclear factor kappa B dan mampu meningkatkan kadar enzim GSH di dalam sel dan meningkatkan potensi dari agen kemoterapeutik. “Cocok untuk dijadikan terapi kombinasi untuk penyakit kanker,” kata Edita.

Selain mangga dan mengkudu, menurut Edita, sumber alam yang telah diteliti dan mempunyai efek sebagai imunomodulator di antaranya jamur ling zhi, jintan hitam, kedelai, keladi tikus, mangga, mengkudu, meniran, pegagan, rumput laut, sambiloto, sarang semut, sirih merah, songgolangit, dan susu kuda.

Sumber: Antaranews

2 thoughts on “Mangga dan Mengkudu Kombinasi Mengatasi Kanker”

Comments are closed.