MeditasiMetode

Meditasi Lilin Dekatkan Diri Dengan Spirit

Meditasi LilinMeditasi Lilin adalah sebuah metoda untuk mengasah mata agar mampu melihat dengan spirit.

Menurut Prof. Suryani dikengbangnya teknik  meditasi lilin ini  agar seseorang mampu kembali menggunakan kemampuan spirit/sukma/jiwa  yang melekat pada setiap orang  sejak dalam kandungan.

Kemampuan spirit ini telah mempengaruhi pertumbuhan fisik membentuk susunan tubuh dan mempengaruhi perkembangan mental dengan meletakkan dasar-dasar kepribadian manusia sejak dalam kandungan.

Setelah bayi lahir kemampuan spirit ini kemudian merangsang kemampuan emosional anak dengan belajar memahami diri dan lingkungan dari pengalaman yang dialaminya, belajar berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan, serta membangkitkan semangat juang sehingga kepribadian anak dapat berkembang wajar.

Kemampuan spirit atau intuisi atau mata batin ini mulai berkurang peranannya setelah logika anak berkembang pesat. Mata pun kurang digunakan dalam menangkap perasaan dan pemikiran orang lain. Akhirnya kemampuan spirit ini hanya muncul saat seseorang mengalami krisis atau mungkin tidak pernah dimunculkan kembali.

Untuk mengembalikan kemampuan mata seperti yang dilakukan dan dirasakan waktu seseorang berada dalam masa kanak-kanak memerlukan latihan memusatkan perhatian dengan menggunakan mata. Yang bekerja dengan pemusatan ini bukan melihat dengan mata secara fisik yakni dengan menggunakan otot-otot mata, namun menggunakan perasaan. Mata hanyalah digunakan untuk menyalurkan pengeluaran energi. Untuk latihan pemusatan perhatian digunakan nyala lilin.

Praktek Meditasi Lilin

Ambil sebatang lilin, dengan cagaknya. Nyalakan lilin setinggi mata,lalu pelototi dengan rasa. Rasakan kehangatan lilin memasuki sukma. Bilamana lilin ini berkobar kekiri dan kekanan padahal tiada angin yang meniupnya, bisa jadi jiwa anda sedang gundah, emosi anda sedang tidak stabil. Kelak dengan latihan teratur, saat mata anda tidak perih memandang lilin, nyala lilin bisa anda ajak bicara untuk tetap tegak.

Pengalaman Selama Meditasi Lilin

Setiap orang unik. Jadi beragam sensasi dan pengalaman yang dialami para peserta yang melakukan meditasi lilin secara bersama-sama atau sendiri.

Selesai meditasi ia merasa pikiran dan perasaaannya tenang. Badan lebih ringan dari sebelumnya dan ruangan agak dingin, tetapi pemusatan perhatiannya tidak terganggu. Ia mendengar orang bernafas dekat pintu, walaupun sebenarnya tidak ada orang lain di ruangan itu

Pada permulaan ia merasa kacau tanpa ada penyebabnya, merasa sedih tanpa sebab, berusaha menahan jangan sampai menangis, dan mata terasa perih. Tetapi kemudian selesai meditasi ia merasa agak tenang.

Ia merasakan telapak kaki dan tangan dingin, jari tangan seperti beku tapi punggung rileks. Pikiran bisa terpusat kenyala lilin. Ia merasa ruangan gelap dan cahaya lilin membuat ia merasa takut. Kemudian setelah merasa tanang, ia mampu bermeditasi lebih baik.

Pertengahan meditasi ia merasakan seperti ada tenaga dari luar masuk lewat

Makna Meditasi Lilin

Meditasi relaksasi spirit menggunakan media lilin ini pada prinsipnya memunculkan kembali spirit atau batin yang berkurang peranannya bagi manusia modern karena sistem sosial dan pendidikan yang lebih mengasah logika berpikir dibanding mengolah spirit atau batin.

Oleh Prof. Luh Ketut Suryani

Sumber:Buku Meditasi Lilin

Public Search Term:
meditasi lilin, manfaat meditasi lilin, manfaat menatap lilin, latihan melihat lilin, melihat lilin, melatih pandangan dengan lilin, Melatih fokur di depan lilin, meditasi lilin psht, meditasi dengan memandang lilin sampai habis tidak kedib, belajar meditasi lilin, lilin psht, lilin buat meditasi, fokus ke lilin, doa pandang lilin, cara membuka mata batin dengan lilin, Pandang li

Berikan Rating?

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close