Melenyapkan Substansi Kepedihan

Oleh Eckhart Tolle

Kasih adalah keadaan keberadaan

Kasih Anda tidak berada di luar

Tetapi di kedalaman diri Anda

Anda tidak pernah kehilangan kasih,

Dan kasih itu tidak pernah meninggalkan Anda.

Sebagian besar kepedihan umat manusia sebenarnya tidak perlu ada. Kepedihan itu menciptakan dirinya sendiri selama pikiran yang tidak di amati menggerakkan kehidupan Anda. Kepedihan yang Anda ciptakan sekarang selalu mengambil beberapa bentuk keengganan untuk menerima, beberapa bentuk resistansi pada apa yang ada.

Gb:masterfile
Gb:masterfile

Pada tataran pemikiran, resistansi adalah salah satu bentuk penghakiman.Pada tataran emosional, resistensi merupakan salah satu bentuk negative. Intensitas kepedihan tergantung pada tingkat resistansi terhadap Saat Sekarang, pada gilirannya resistansi ini tergantung pada seberapa kuat Anda mengindentikkan diri dengan pikiran Anda. Pikiran selalu berusaha menyangkal Saat Sekarang dan melarikan diri darinya.

Dengan kata lain, semakin Anda mengindentifikasikan diri dengan pikiran, Anda akan menjadi semakin menderita. Anda juga mengatakan seperti ini: Semakin Anda mampu menghargai dan menerima Saat Sekarang, Anda akan semakin bebas dari kepedihan dan penderitaan—serta bebas dari pikiran egois.

Beberapa ajaran spiritual mengatakan bahwa semua kepedihan ujung-ujungnya hanyalah sebuah ilusi.Pernyataan ini benar. Pertanyaannya adalah : Apakah hal itu benar bagi Anda? Sekedar kepercayaan belaka tidak akan membuat hal itu benar. Apakah Anda ingin mengalami kepedihan sepanjang sisa umur Anda dan tetap mengatakan bahwa hal itu adalah sebuah ilusi belaka? Apakah hal itu bisa membebaskan Anda dari kepedihan? Yang kami maksudkan di sini adalah bagaimana Anda dapat menyadari  kebenaran ini —yaitu mewujudkannya dalam pengalaman Anda sendiri.