Menu Sehat Alami Wied Harry Apriadji

Menu Sehat Alami Wied HarryMenu sehat alami  juga enak sehat alami dibuat oleh pakar menu sehat yang sudah tidak asing lagi, Wied Harry Apriadji. Resep Nugget ayam ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannyapun banyak tersedia sehingga siapapun dapat membuatnya.

Menu Sehat Alami – NUGGET AYAM

Bahan – Menu Sehat Alami Nugget Ayam:

500 g daging ayam tanpa kulit, potong-potong
1-2 butir telur
3 siung bawang putih, cincang
150 g bawang bombai, cincang
200 g (6-7 lembar) roti tawar tanpa pinggiran
350 ml kaldu ayam/air
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
minyak goreng untuk mengoles, menumis, dan menggoreng

Pelapis – Menu Sehat Alami Nugget Ayam:

300 g tepung panir
3 butir telur, kocok dengan garpu hingga rata

CARA MEMBUAT – Menu Sehat Alami Nugget Ayam:

1. Olesi loyang 20x20x6 cm dengan minyak goreng. Lapisi daun pisang atau kertas aluminium, sisihkan. Panaskan dandang berisi air untuk mengukus di atas api kecil.
2. Haluskan daging ayam dan telur dengan food processor/grinder/blender. Sisihkan.
3. Tumis bawang putih dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum. Tambahkan bawang bombai, aduk-aduk hingga layu, angkat. Sisihkan.
4. Taruh roti tawar dalam mangkuk besar, tuangi kaldu/air. Remas-remas hingga lumat. Tambahkan daging, bawang tumis, merica, dan garam. Aduk rata.
5. Besarkan api kompor ke nyala sedang.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Masukkan ke dalam dandang. Kukus hingga masak (30 menit), angkat. Sisihkan hingga dingin.
6. Bila perlu simpan 4-12 jam dalam lemari es, agar lebih mudah dipotong dan hasil potongannya mulus. Potong-potong sesuai selera. Gulingkan potongan nugget dalam tepung panir, celupkan dalam telur kocok, gulingkan lagi dalam tepung panir.
7. Simpan dalam freezer lemari es. Tahan hingga 2 minggu.

Ulasan Wied Harry Apriadji:

*Resep dasar nugget ini bisa digunakan untuk membuat nugget daging sapi, nugget udang, nugget cumi, nugget teri (basah). Anda hanya tinggal mengganti daging ayam dengan bahan lain.

*Jika adonan nugget hendak dicampur sayuran, tambahkan maksimum 100 g wortel serut halus/kuntum brokoli cincang.

*Dalam resep ini sengaja tidak digunakan daging ayam giling (beli di supermarket), karena umumnya ayam giling dicampur dengan kaporit agar tahan lama dan warnanya lebih putih.

*Agar nugget tetap bisa awet hingga 2 minggu, simpan nugget dalam beberapa bagian agar ketika diperlukan tidak perlu seluruh nugget harus keluar-masuk freezer.

*Resep ini bisa menggunakan 1 butir telur saja, tetapi adonan nugget kukus yg telah dingin harus disimpan dulu semalaman (12 jam) dalam lemari es, agar mengeras dan lebih mudah dipotong. Kalau mau gurih dan lebih “pegangan”, boleh menggunakan 2 butir, tetapi ketika nugget digoreng, minyak goreng akan berbusa.

*Selain digoreng, nugget enak juga jika dipanggang dalam oven. Sebelum dilapis dengan telur kocok dan tepung panir, potong-potong adonan nugget lebih tipis; kemudian bekukan. Atur nugget beku di loyang kue kering, panggang dalam oven bersuhu 150 oC hingga nugget kering (20-30 menit) – tergantung tebal-tipisnya nugget.

Sumber : Group FB Wied Harry – Kuliner Enak Sehat ALami