Menu Sehat Food Combining dan Siklus Sistem Pencernaan

Menu Sehat Food Combining | Kabarsehat.comFood Combining dirancang atas dasar siklus sistem pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan tubuh manusia. Setiap fungsi tubuh manusia pada dasarnya memiliki siklus atau irama biologis, begitu pula dengan sistem atau proses pencernaan. Menyesuaikan pola makan dengan siklus pencernaan akan membuat efektifitas dalam pengelolaan energi dalam tubuh manusia. Efektifitas pengelolaan energi akan membuat fungsi tubuh manusia bekerja optimal sehingga inilah yang dikatakan sebagai tubuh  yang  sehat.

Siklus Sistem Pencernaan

Secara umum siklus sistem penceraan manusia dapat dibagi dalam 3 proses yaitu siklus pencernaan, siklus penyerapan dan siklus pembuangan. Siklus ini adalah salah satu landasan dalam pembuatan Menu Sehat Food Combining.

Siklus pencernaan dimulai dari jam 12 siang hingga 8 malam. Merupakan saat yang tepat untuk mengkomsumsi makanan padat karena siklus pencernaan bekerja lebih aktif. Setelah pukul 8-9 malam sebaiknya tidak makan makanan padat karena lambung tidak boleh penuh dengan makanan saat tidur.

Siklus pencerapan dimulai jam 8 malam hingga 4 pagi. Pada saat tubuh dan pikiran kita sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, dan mengedarkan zat makanan. Kurang tidur di malam hari atau makan larut malam akam memboroskan energi dan mengganggu aktifitas siklus ini

Siklus Pembuangan dimulai jam 4 pagi hingga 12 siang. Secara intensif tubuh mulai melalukan pembuangan sisa-sisa makanan dan sisa-sisa metabolsime. SIklus ini paling banyak memakan energi. Selagi siklus ini berlangsung sebaiknya tidak mengkomsumsi makana berat dan padat karena menurjnkan intensitas proses pembuangan, memperlambat proses pencernaan, dan memboroskan energi.

Menu Sehat

Inilah menu Food Combining atau kombinasi makanan serasi yang  disesuaikan dengan siklus sistem pencernaan manusia.

Bangun Tidur : 1-2 gelas air putih campur sedikit perasan jeruk nipis (tanpa gula).

Makan Pagi (jam 05.30-11.30) : Aneka buah atau jus buah tanpa gula sepanjang pagi setiap satu atau dua jam sekali (kecuali nangka, durian,apokat, dan pisang), porsi sesuaikan ukuran lambung dan jenisnya harus bervariasi setiap hari.

Makan Siang (jam 12.00-14.00):  Nasi belado terong+tumis kangkung+lalap mentah+sambal, atau nasi+tahu/tempe goreng+sayur ayem+lalap mentah+sambal, atau pastel kentang isi wortel, kacang polong,dan soun+selada segar.

Makan malam (jam 18.00-21.00): Ayam goreng+sup sayur+rujak pengantin, atau tim ikan+sayur saus tiram+selada segar, atau bistik daging+sup sayuran+selada segar.

Selingan sore (jam 15.00-16.00): Satu atau dua buah pisang segar (tidak digoreng atau direbus),atau setangkup kacang-kacangan,kecuali kacang tanah (disangrai),atau 3/4 gelas susu kedelai, atau 1/2 – 3/4 gelas yogurt murni tanpa rasa+1sdt. madu alam murni.

Sbagai catatan, menu makan siang dan menu makan malam boleh saling bertukar tempat.

Demikian bagaimana contoh menu sehat sehari berdasarkan food combing atau kombinasi makanan serasi yang didasarkan dengan siklus sistem pencernaan manusia. Semoga adaptasi tulisan ini bermanfaat bagi Anda untuk menjadikan tubuh menjadi sehat.

Sumber : Buku “Food Combining – Kombinasi Makanan serasi: pola makan untuk langsing dan sehat”, Andang Gunawan, 1999