Profil

Merta Ada, Guru Meditasi dan Penyembuh Holistik

Merta Ada

Merta Ada lahir pada tahun 1957, beliau mendapat penghargaan K.Nadha Nugraha pada tahun 2001 oleh Bali Post karena keberhasilannya dalam mengajar dan membantu ribuan orang untuk bermeditasi. Penghargaan yang mulia ini didedikasikan untuk mereka yang dengan menggunakan keahliaannya dapat memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap masyarakat Bali.

Sejak tahun 1993, Merta Ada telah mengajarkan meditasi terhadap lebih dari 80,000 orang. Jumlah ini belum termasuk pengajaran di program TV –BaliTV atau masyarakat luas yang mendengarkan radio yang disiarkan oleh GlobalFM Bali, yang juga disebarkan melalui internet. Merta Ada juga saat ini mengadakan sesi meditasi yang popular termasuk sesi tanya jawab di GlobalFM Bali dua kali sehari.

Pak Merta, sebutan yang dikenal oleh para muridnya, mengadakan hampir 40 kursus meditasi yang intensif masing-masing selama 7 hari di Jakarta, Bali, Medan dan Palembang. Kursus-kursus yang beliau adakan mencakup latihan mengamati dalam keheningan dan latihan eterik dalam bentuk meditasi dengan cara duduk bersila dan dalam sehari mendapat makan 2 kali makanan vegetarian. Disamping mengajarkan orang untuk bermeditasi sebagai jalan untuk menyembuhkan diri sendiri, dengan metode beliau, Pak Merta memberikan pengobatan dengan ramuan tumbuh-tumbuhan dari Bali, dan juga penyembuhan dengan memakai kristal.

Selama bertahun-tahun, ilmu penyembuhan Pak Merta merupakan kombinasi dari penyembuhan tradisional kuno Bali, pengobatan Cina (melalui aliran meridian tubuh) dan paham India mengenai cakra tubuh. Beliau terinspirasi dari berbagai guru antara lain Guru Spritual Hindu-Mpu Kuturan, Dang Hyang Nirartha, penyembuh dari Cina Tiyah Balian, Pendeta Budha, Bhante Giri Rakkhito Mahathera, Bhante Thitakhetuko Thera, penyembuh Bali yang terkenal, Kak Balian dan guru meditasi lainnya yang dihormati di dunia.

Kesuksesan Merta Ada dan hasil yang beliau peroleh sebagai Guru Meditasi kesehatan dan penyembuh holistic juga menjadikan beliau cukup dikenal dalam profesi medis. Para dokter juga setelah melihat kesuksessan meditasi, mereferensikan para pasien mereka untuk pergi ke Center pengobatan Pak Merta sebagai medium untuk membantu penyembuhan.

Merta Ada dan TapaBrata, Meditasi Intensive Kesehatan

Merta Ada, sebagai pendiri Meditasi Bali Usada mengajarkan penyembuhan melalui tubuh secara keseluruhan, aliran meridian, cakra, mental, pikiran dan memori. Berbagai cara termasuk latihan, semuanya begitu sederhana dan dapat dipelajari dengan mudah.

Teknik Meditasi Bali Usada adalah berdasarkan pada penelitian bertahun-tahun dari buku-buku lontar kuno di Bali. Belajar dari ajaran para meditator yang terkenal, penyembuh tradisional, dokter, buku ilmiah dan pengalaman pribadi Merta Ada sebagai seorang penyembuh. Sekarang ini, dengan teknik Bali Usada, seseorang dapat mempelajari bagaimana mendeteksi atau membuat getaran untuk kesehatan yang lebih baik.

Para partisipan akan diajarkan bagaimana mendapatkan ketenangan dan fokus, yang merupakan dasar dalam penyembuhan pikiran, emosi dan factor fisik dari seseorang. Anda akan dipandu untuk berkonsentrasi, berpikir dengan sadar, mencintai dan kebijaksanaan (Pikiran harmonis/Merta Ada) dengan kondisi secara konstan dalam mengamati nafas dan badan. Konsentrasi atau kesadaran ini melalui meditasi adalah dasar dimana kesadaran dan penyembuhan akan terjadi.

“Keheningan emas” dilatih dalam kursus ini. Para partisipan tidak diperbolehkan untuk berbicara (kecuali kepada Guru atau asisten), membaca, menulis, merokok atau minum alkohol. Keheningan ini membuat seseorang dapat mencapai hasil yang maksimal dalam berkonsentrasi. Partisipan diperbolehkan untuk berbicara dengan Merta Ada atau asisten bila ada pertanyaan mengenai kesehatan pribadi atau mengenai teknik meditasi.

Saat pikiran dan tubuh seseorang menjadi lebih konsentrasi akan kesadaran dalam dirinya, transformasi dan penyembuhan akan terjadi. Banyak juga yang mengalami lepas dari stress dan ketegangan, juga lepas dari emosi, kondisi dan ingatan yang buruk.

Meditasi kesehatan juga berguna untuk menghilangkan efek dari kejadian-kejadian yang buruk yang membuat seseorang merasa khawatir, marah, frustasi, takut, depresi, kelekatan dan kecanduan.

Keuntungan

• Menghilangkan ketegangan dan memberikan relaksasi

• Memperkuat tubuh dan pikiran untuk menhadapi stress

• Membuat pikiran jernih

• Membuat ketenangan, keseimbangan dan fokus

• Memperkuat kekebalan tubuh

• Menyembuhkan penyakit-penyakit yang tidak lazim

• Kesadaran dan penyembuhan bagian-bagian tertentu di tubuh kita

• Meningkatkan kekuatan energi dan metabolisme

• Mendapatkan sensasi dalam mencapai keharmonisan dan kedamaian

• Membantu untuk menghilangkan kegelisahan, takut, depresi dan kekhawatiran

• Kekuatan dan kebahagian dari dalam

Merta Ada sekarang sedang bekerja dengan Universitas Hindu Indonesia untuk mendirikan program S1 untuk Pengobatan alternative. Kursus Meditasi Bali Usada akan menjadi salah satu kurikulum yang ditawarkan.

Melalui latihan meditasi, Merta Ada telah menolong banyak orang untuk menyembuhkan diri mereka sendiri dari kekhawatiran dan trauma, penyakit yang berasal dari pengalaman pribadi yang tidak menyenangkan, alergi, asma, hepatitis, kanker, impotensi, tumor, kolesterol tinggi, diabetes, artitis, insomnia, darah tinggi, migraine, penyakit hati, kulit dsb. Beliau adalah seorang yang aktif dalam organisasi sosial yang terkenal, salah satunya yang mengobati HIV. Dalam naungannya, hampir 8 tahun pasien HIV dapat menjaga kesehatan dan emosi dengan latihan meditasi Bali Usada.

oleh Kheng Chua www.greenpartners.com.sg

Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Novianti.

sumber:balimeditation.com

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker