Profil Reza Gunawan

Reza Gunawan, Profil, Kabarsehat.comReza Gunawan yang  suami dari penulis Dewi Lestari adalah pendiri dan pelopor True Nature Holistic Healing. Sebagai sosok   terapis dan pengajar penyembuhan holistik karyanya turut memelopori berkembangnya kesehatan alami dan industri kesadaran di Indonesia.

Reza Gunawan mulai tertarik dalam dunia penyembuhan pada tahun 1988, Reza yang saat itu masih berusia 12 tahun bertemu seorang guru yang memperkenalkan terapi refleksi yang begitu antusias ia serap dan dipraktekkan langsung. Sayangnya pertemuan dengan guru ini tidak lama. Namun, bagaikan menemukan hobi utamanya, Reza pun meneruskan perjalanannya menekuni berbagai teknik penyembuhan.

Reza Gunawan tergabung dalam angkatan pertama penyembuhan prana di Indonesia dan sekaligus menjadi peserta termuda. Saat itu, tidak terlintas sama sekali bahwa penyembuhan akan menjadi jalur hidup utamanya. Setahun kemudian, Reza belajar meditasi dan yoga, dan pada usianya yang hanya 15 tahun, ia memutuskan untuk memilih pola makan vegetarian, yang berlanjut hingga sekarang.

Reza Gunawan secara formal adalah seorang sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia, dan sempat bekerja selama 5 tahun sebagai profesional perbankan dan pasar modal. Namun secara bersamaan, satu demi satu ajaran penyembuhan seperti olah nafas, meditasi, reiki, yoga, akupresur, dan lainnya ditekuni Reza bagaikan serangkaian sekolah informal yang perlahan mempersiapkannya untuk membantu selarasnya tubuh, pikiran dan jiwa.

Pada tahun 2000, Reza menemukan titik balik dalam hidupnya. Setelah sembuh dari suatu penyakit berat yang dideritanya dan bertemu dengan Merta Ada, guru meditasi kesehatan dari Bali yang menjadi sumber inspirasi serta kebijaksanaan hidupnya, Reza memutuskan untuk berhenti bekerja dari dunia keuangan, lalu mengikuti sekolah akupunktur hingga memperoleh izin praktek.

Dalam perkembangannya, Reza pun mendalami studi berbagai teknik penyembuhan yang relatif baru di Indonesia seperti terapi CranioSacral, Jin Shin Jyutsu, Clinical Hypnotherapy, dan sebuah kelompok terapi baru yang sangat efektif yaitu Energy Psychology.

Ketertarikannya pada bidang baru ini mendorongnya untuk memelopori berkembangnya Energy Psychology di Indonesia, dengan berbagai teknik yang dipelajarinya seperti TAT (Tapas Acupressure Technique), EFT (Emotional Freedom Technique), BIT (Bodymind Integration Therapies), BST (Brain Synchronization Therapies), serta PEAT (Primordial Energy Activation and Transcendence).

Pada tahun 2006, Reza turut berpartisipasi sebagai pengajar teknik TAT untuk mengatasi trauma dan rasa takut akibat gempa di Yogyakarta, yang telah memberikan kedamaian dan kelegaan pada lebih dari 6000 korban secara langsung. Reza juga seorang Certified TAT Trainer pertama di Indonesia, yang sekarang pun menanamkan niat untuk mencetak terapis penyembuhan holistik yang trampil dan berpengalaman.

Dari semua pembelajaran yang dijalaninya, Reza pun telah menyusun berbagai program penyembuhan diri sendiri, yang lazim dikenal sebagai Self Healing, agar kita semua mampu dan trampil menyembuhkan diri sendiri secara fisik, mental, emosional dan spiritual.

Dalam setiap pelatihan yang dibawakannya, Reza akan menjelaskan penyembuhan alamiah dan holistik dengan rangkaian yang sederhana, pendekatan yang ilmiah, cerita yang inspiratif, dilengkapi dengan demonstrasi dan praktek, sehingga Anda pun mampu mengenal, memahami dan trampil dalam menyembuhkan diri sendiri.

Reza telah memberikan puluhan pelatihan penyembuhan pada ribuan peserta di 7 kota di Indonesia, baik dari kalangan umum, eksekutif, praktisi & kelompok akademis seperti kedokteran gigi & psikologi maupun keluarga. Dia sekarang juga aktif menjadi narasumber di berbagai media cetak, radio maupun televisi, juga aktif memberikan ceramah dan workshop yang bertemakan ketentraman dan kesehatan seutuhnya. Dia mulai aktif menulis berbagai artikel yang dikontribusikan kepada beberapa media cetak untuk menggugah kesadaran publik tentang pentingnya memelihara keselarasan tubuh, pikiran dan jiwa.

Reza berkeyakinan bahwa “Kita adalah Penyembuh terbaik bagi diri sendiri”, dan berangkat dari prinsip tersebut, ia selalu menekankan betapa pentingnya mencapai kesehatan sejati, yaitu terciptanya keharmonisan lahir batin yang utuh, bukan sekadar mencapai hilangnya keluhan penyakit saja.

Juga silahkan baca wawancara Reza Gunawan dengan kabarsehat.com.

1 thought on “Profil Reza Gunawan”

  1. Dear team,

    I urgently looking for a Meditation Instructor for my Club, The Pakubuwono Residence. We will offer a class for once in a week and I do hope will have response from your team as the demand for this class is getting higher now

    Thank you

    Regards,

    David Siura, Mr
    +62 878 8527 8008

Comments are closed.