Sulit Meditasi Sulit Konsentrasi

Sulit Meditasi biasanya berhubungan dengan sulit konsentrasi. Ini bukanlah keluhan satu dua orang ketika memulai meditasi tapi menjadi keluhan yang umum.

Mengapa Sulit Konsentrasi?

Untuk mengatasi sulit konsentrasi pahamilah apa yang menjadi penyebabnya. Setiap orang memiliki kendala yang berbeda-beda tapi secara umum inilah beberapa kendala yang perlu diperhatikan untuk memperkuat daya konsentrasi Anda.

Kurang tidur
Dampak lain dari kurang tidur adalah mood yang terganggu, mudah marah dan mudah merasa lelah. Kondisi tertentu bahkan membutuhkan pertolongan medis untuk memperbaikinya misalnya pada gangguan tidur (sleep disorder).

Kurang olahraga
Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan, olahraga secara teratur dapat menjaga pikiran tetap tajam sekaligus meningkatkan kapasitas ingatan. Aktivitas yang menguras banyak keringat akan membakar kelebihan energi yang sering memicu rasa gelisah. Dampaknya Anda akan merasa nyenyak ketika tidur di malam hari.

Stress – Terlalu banyak tekanan
Stres dan perasaan gelisah sangat menganggu konsentrasi karena mempengaruhi bagian pusat kognitif di otak. Bagian tersebut bertanggung jawab pada kemampuan untuk berpikir secara cepat dan tajam. Untuk meredakan stres, banyak cara bisa dilakukan salah satunya dengan relaksasi. Setelah Anda terbiasa melakukan relaksasi barulah melakukan meditasi. Stress menghambat Anda konsentrasi dan sulit meditasi tapi meditasi adalah sebuah cara yang terbaik untuk melepaskan Anda dari stress.

Keracunan teknologi
Gadget adalah perangkat teknologi yang hadir hampir disetiap orang diseluruh dunia. Banyaknya gadget di meja kerja ibarat 2 sisi mata uang. Di satu sisi bisa memberikan kenyamanan, bahkan kemudahan melalui fitur-fitur pengingat dan pengatur jadwal. Di sisi lain, semakin banyak benda yang menarik perhatian akan menyulitkan otak untuk fokus pada satu pekerjaan. Kembali ke buku agenda kadang lebih efektif untuk sekedar mengingat jadwal. Untuk menghindari ketergantungan, sekali waktu luangkan diri untuk menghindari iPod, Android, komputer, laptop dan perangkat canggih lainnya. Waktu yang tepat antara lain selepas makan malam atau sebelum tidur.

Tips Mengatasi SULIT MEDITASI

Oleh Y.M. Sri Pannyavaro Mahathera

Pada masa-masa masyarakat diminta banyak tinggal di rumah guna mencegah penularan wabah penyakit, saya menganjurkan kepada mereka menggunakan waktu untuk bermeditasi.

Di antara mereka banyak juga yang memberikan jawaban, bahwa dirinya sulit bermeditasi karena sulit berkonsentrasi.

Ada petunjuk dari seorang guru meditasi, Bhante Tejaniya, sangat berharga untuk disimak. Berikut ini saya kutipkan petunjuk beliau.

“Kebanyakan orang tidak sungguh-sungguh menghargai manfaat dari bekerjanya kesadaran. Mereka cenderung berpikir bahwa yang terpenting dari meditasi terdapat pada objek yang sedang diamati. Tetapi sebenarnya objek tidaklah terlalu penting.

Kebanyakan orang juga menghabiskan waktu memikirkan tentang hasil. Mereka ingin mengalami suatu ketenangan, mereka ingin merasakan ‘suka-cita’ yang luar biasa. Dan kemudian mereka menjadi melekat pada keadaan tersebut, dan terhadap objek yang mereka fokuskan.

Manfaat sebenarnya dari meditasi bukanlah untuk mendapatkan hasil, bagaimanapun menyenangkan hal itu. Manfaat sebenarnya dari meditasi ada di dalam proses menyadari dan memahami apa yang sedang terjadi. Prosesnya lebih penting, bukan hasilnya.

Daripada mengeluh apa yang sedang terjadi atau apa yang tidak terjadi. Anda seharusnya menghargai bahwa Anda sedang sadar, terlepas dari apa pun yang sedang Anda sadari —dan belajarlah dari itu.”

Leave a Reply