Tanya Jawab Wied Harry Tentang Perbedaan Food Combining Dengan Vegan

Wied HarryTanya Jawab Wied Harry Tentang Perbedaan Food Combining dengan Vegan. Semoga memberi jawaban.

TANYA:
Apa sih bedanya Food Combining dengan Vegan/Vegetarian dan Raw Food? Sumpah bingung. Trus Pak, kok ada yang vegan tapi kena kanker ya?

JAWAB:
Vegan adalah pola makan nabati tanpa bahan makanan hewani, termasuk bahan hewani yang diperoleh tanpa membunuh seperti telur dan susu serta hasil olahannya seperti keju dan mentega. Sebagian pelaku vegan juga menghindari madu, karena ini produk hewani. Jadi, pola makan para pelaku vegan sepenuhnya nabati.

Vegetarian adalah pola makan nabati serupa vegan tetapi masih mengasup produk hewani yang diperoleh tanpa membunuh, seperti telur dan susu serta hasil olahannya. Dengan demikian, pola makan pelaku vegetarian adalah makanan nabati + telur dan/atau susu serta hasil olahannya.

Raw Food adalah pola sepenuhnya dari bahan nabati mentah atau 80% mentah, khususnya sayur-sayuran segar mentah, buah-buahan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian [nuts and seeds] mentah. Kacang-kacangan di sini bukan kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, dan sejenisnya, tetapi yang dimaksud nuts and seeds kacang mete, kenari, almon, walnut, pine nut, biji bunga matahari, dan sejenisnya. Sebagian pemaham Raw Food masih menghalalkan pemasakan di bawah suhu batas kerusakan enzim, yakni di bawah 60 oC, seperti penggunaan dehidrator [oven pengering bersuhu panas maksimum 60 oC].

Dalam Raw Food, jelas aturan keseimbangan asupan asam-basanya, yakni dominan makanan pembentuk basa: sayur-sayuran segar mentah dan buah-buahan segar. Dalam Vegan maupun Vegetarian, hal itu tidak diatur, setidaknya tidak ditandaskan. Artinya, asal seseorang tidak menyantap makanan hewani, ia sudah menyebut dirinya pelaku Vegan; tanpa memperhatikan apakah asupan makanannya seimbang pembentuk asam-basanya. Untuk pelaku Vegan maupun Vegetarian yang mengabaikan hal ini, ancaman kanker tetap cukup besar. Contoh hidangan vegan favorit yang miskin makanan pembentuk basa: mi kuah + tahu + jamur, tanpa atau sangat sedikit sayuran.

Food Combining adalah pola makan yang memperhatikan beberapa faktor, agar setiap asupan makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh kita, diserap nutrisinya dengan efisien oleh tubuh kita, serta dibuang sampahnya secara efektif oleh tubuh kita. FC secara khusus menekankan pentingnya asupan dengan pembentuk asam-basa seimbang, dalam hal ini setiap menu harian harus dominan sayur-sayuran segar mentah.