Article

Khasiat Daun Suruhan, Tumpangan Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Suruhan memiliki nama latin Peperomia pellucida tapi juga populer dengan nama lain tumpangan air. Karena daunnya mirip daun sirih maka dinamakan juga sirih cina.

Di Indonesia tanaman ini termasuk dalam tanaman liar. Pertama, karena suruhan atau tumpang air ini tumbuh begitu saja seperti gulma di musim hujan. Kedua, karena masyarakat masih belum memahami khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan sehingga sering mengabaikan tanaman ini bahkan menghilangkan dari halaman rumah.

Tumpang air adalah nama lain tanaman suruhan yang paling cocok dan populer di masyarakat. Di sebut tumpan air  karena tanaman ini menyukai daerah yang lembab yang mengandung banyak air, daunnya memiliki bentuk agak lebar dan terlihat seperti daun yang menampung air hujan. Ukuran tanamannya sendiri berbentuk kecil dan akarnya pendek juga tangkainya.  Tanaman ini mudah dijumpai di  musim hujan, biasanya tumbuh di sela-sela tembok, batu atau tanah yang lembab.

Nama-nama Tumpang Air di Asia

Tumpang Air juga dikenal dengan beberapa sebutan lainnya seperti Saladan [Jawa], Rangu rangu [Sunda], tumpangan air [Betawi dan Sumatera] dan Gofu Goroho [Maluku]. Di asia juga dikenal sebagai Ulasiman bato (Filipina), cao hu jiao (Cina), cang cua (Vietnam), pak krasang (Thailand) dan suna-kusho (Jepang).

Membudidayakan Suruhan atau Tumpang Air

Menanam Daun Suruhan di PotTanaman suruhan ini juga cukup mudah dibudidayakan di halaman rumah, sehingga tidak perlu repot mencari daun ini jika dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Sebagai pecinta hdup sehat secara alami, saya juga bukan hanya menuliskan khasiat dan manfaatnya tapi coba menanam sendiri tanaman ini.

Daun suruhan ini juga nikmat disantap mentah sebagai lalapan dengan tekstur yang renyah seperti seledri dan rasa yang sedikit pedas dengan efek menyejukkan.

Komposisi Kimiawi Alami Daun Suruhan

Dalam daun suruhan atau tumpang air mengandung  alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, polifenol, lemak dan minyak atsiri.yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Daun suruhan ini bisa digunakan sebagai obat herbal dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri serta kuman sehingga tubuh akan terlindungi dari infeksi serta penyakit menular ringan sampai yang berbahaya.Secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan kemih, dan sakit sendi karena reumatik.

Khasiat Daun Suruhan Atau Tumpang Air

Sebuah penelitian yang dilakukan pada daun suruhan ini membuktikan terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri di dalam tubuh.

Mengatasi Sakit Menstruasi

Untuk wanita yang sering mengalami nyeri serta kram pada saat haid atau menstruasi, juga bisa memanfaatkan daun suruhan ini untuk menghilangkan masalah tersebut tanpa menimbulkan efek samping.

Sebagai Anti Inflamasi

Daun suruhan juga berperan sebagai anti inflamasi alami yang bisa menyembuhkan radang dan mencegah radang tersebut datang kembali.

Saat mengalami gangguan perut yang menimbulkan rasa sakit, melilit atau kram juga bisa diatasi dengan daun suruhan ini. Kandungan alami yang terdapat di dalam daun suruhan akan langsung bekerja mengatasi sakit perut sekaligus membunuh bakteri penyebab sakit perut tersebut.

Siapkan 1 genggam daun suruhan segar dan cuci sampai bersih.
Haluskan daun suruhan tersebut lalu peras sarinya dan minum sari daun suruhan tersebut.

Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala, migrain atau vertigo bisa hilang dengan menggunakan daun suruhan ini yakni dengan minum air rebusan daun suruhan secara rutin sampai sakit kepala bisa sembuh total.

Mengatasi Nyeri

Berbagai masalah nyeri seperti nyeri otot, nyeri pada persendian bisa diatasi dengan mudah yakni memanfaatkan daun suruhan sebagai pengobatan alami.

Mengobati Pegal Linu

Pegal linu yang menimbulkan rasa letih, linu, pegal, lemas dan tidak bertenaga bisa dipulihkan hanya dengan memanfaatkan daun suruhan. Daun suruhan akan memberikan energi sekaligus membangkitkan stamina kamu dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun suruhan yang mengandung ekstrak etanol. Caranya dengan merebus daun suruhan dan minum air rebusan tersebut setiap hari sampai asam urat bisa hilang sekaligus mencegah kambuhnya asam urat kembali.

Cuci bersih 5 gram daun suruhan segar lalu rebus dengan 2 gelas air.
Rebus dengan api yang kecil sampai tersisa 1 gelas saja. Dinginkan dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari secara teratur.

Menyembuhkan Jerawat dan Bisul

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat serta bisul yakni dengan menggunakan air rebusan daun untuk mencuci muka dan membasuh bisul. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan.

Siapkan 2 tanaman suruhan berukuran kecil sekitar 10 cm dan cuci sampai bersih.
Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja.
Minum air rebusan tersebut secara rutin sebanyak 1 gelas per harinya selagi hangat.

Mengobati Luka Bakar

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk mengobati luka pada kulit khususnya luka bakar. Dengan menggunakan daun suruhan, sakit yang ditimbulkan dari luka bakar bisa dikurangi sekaligus menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

Siapkan segenggam daun suruhan segar lalu cuci sampai bersih.
Haluskan daun suruhan dan tempelkan langsung pada area kulit yang mengalami luka bakar atau terpukul.
Bungkus dengan perban dan diamkan selama beberapa saat dan jangan lupa mengganti daun suruhan secara berkala.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Siapkan 1 pohon suruhan segar berukuran 10 cm dan cuci sampai bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan sebanyak 1 gelas sebanyak 2 kali sehari dan jangan disimpan. Pastikan kamu minum air rebusan daun suruhan segar setiap akan dikonsumsi.

Sebagai Obat Anti Kanker

Daun suruhan juga bisa dijadikan obat alternatif untuk pencegahan penyakit kanker sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker karena terkandung senyawa P. Pellucida di dalam ekstrak daun suruhan tersebut.

Sebagai Antioksidan Alami

Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan jika daun suruhan memiliki fungsi kuat dalam menangkal radikal bebas sehingga bisa digunakan sebagai antioksidan alami.

Sebagai Antibiotik Alami

Daun suruhan ini juga akan bekerja sebagai antibiotik alami yang akan menekan sekaligus mencegah pertumbuhan dari mikroorganisme tidak baik serta parasit sehingga juga akan mencegah terjadinya infeksi.

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kandung kemih sekaligus menghilangkan kotoran serta bakteri yang menempel pada saluran kemih, sehingga kesehatan kandung kemih bisa tetap terjaga dengan baik.

Mengatasi Katarak

Getah dari tanaman suruhan ini juga sangat bermanfaat untuk dipakai sebagai obat tetes mata sebagai obat katarak, infeksi mata, radang dan berbagai masalah mata lainnya.

Mengatasi Radang Kulit

Untuk mengatasi radang pada kulit, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan daun ini sebagai obat alami mengatasi penyakit yang ada di permukaan kulit kamu.

Siapkan satu genggam daun suruhan segar lalu cuci sampai bersih. Rebus daun suruhan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Saring dan dinginkan air rebusan lalu minum sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa dinetralkan atau diturunkan dengan memanfaatkan air rebusan daun suruhan dengan sangat cepat dan ampuh. Konsumsi air rebusan daun suruhan ini secara teratur agar kadar kolesterol dalam darah bisa tetap stabil.

Mengatasi Impotensi

Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan, kepala dan mengatasi gangguan kulit, namun air rebusan daun suruhan juga berkhasiat untuk mengatasi impotensi pada pria secara alami.

Menghilangkan Demam

Untuk mengatasi demam pada anak ataupun orang dewasa juga bisa didapat dari daun suruhan yakni dengan menghaluskan segenggam daun suruhan lalu menempelkannya pada kepala. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan sampai demam bisa turun.

Selain beberapa kegunaan diatas, daun suruhan juga memiliki banyak kegunaan lain seperti:
Mengatasi sakit perut
Melancarkan saluran kemih
Mengatasi sekaligus mengurangi kolik pada bayi
Menghentikan pendarahan
Mengobati kanker payudara
Mengatasi sakit campak
Menyembuhkan gangguan mental
Mengobati batuk
Mengatasi tekanan darah tinggi
Mengobati abses
Menyembuhkan radang mata

Mengolah daun suruhan menjadi obat

Untuk di jadikan sebagai obat dalam, anda bisa menumbuk kasar daun suruhan, rebus saring dan konsumsi airnya secara teratur. Adapun untuk pengobatan luar seperti untuk jerawat dan luka bakar, anda bisa melumatkan hingga halus daun suruhan dan menempelkannya pada bagian kulit yang bermasalah.

Efek Samping Daun Suruhan Atau Tumpang Air

Selain manfaat dan khasiatnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai daun suruhan ini. Untuk yang memiliki masalah pernapasan seperti asma dan sedang menyusui atau memberikan ASI pada bayi, tidak disarankan untuk minum atau makan daun suruhan. Meskipun jarang terjadi, daun suruhan ini bisa menyebabkan alergi pada penderita asma ataupun saat menyusui bayi.

Kesimpulan Tentang Daun Suruhan alias Tumpang Air

Daun suruhan atau tumpang sari memiliki manfaat dan khasiat yang banyak dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Sayangnya tanaman ini masih kurang dikenal masyarakat. Seharusnya departemen kesehatan dan LIPI melakukan penelitian lebih dalam tentang manfaat dan khasiatnya lalu di sharing sebagai publik paten seperti opensource dalam dunia perangkat lunak. Di cari juga metoda pengolahan yang efektif agar dapat dimanfaatkan masyarakat seoptimal mungkin.

 

Public Search Term:
Daun tampung air, tumpang air khasiatnya

Berikan Rating?

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close